• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.621Mb)
    Date
    2023-09-04
    Author
    ISRADINATA, Ayaprithvie
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik aparatur pemerintah tidak hanya sekedar melayani masyarakat saja, namun mereka harus memiliki sikap tanggung jawab, ramah, antusias, terbuka, reponsif dan mudah dilaksanakan serta tidak adanya diskriminatif dalam melakukan pelayan. Sebagai pemberi pelayanan aparatur pemerintah dituntut untuk menciptakan kualitas pelayanan yang baik. Kualitas pelayanan yang baik akan mendorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Dispendukcapil Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan variabel kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang telah menerima pelayanan dari penyedia layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling (accidental sampling) yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data. Jumlah responden yang diperoleh sebanyak 130 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik analisis data pada penelitian ini Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Nilai koefisien regresi yang bernilai positif mengindikasikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan, maka kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember akan mengalami peningkatan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121523
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository