Pengaruh Face to Face Selling, Catalogue Marketing, dan Online Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Dira Cafe and Pool Ambulu Jember)
Abstract
Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat menuntut pelaku usaha
harus menentukan strategi yang tepat agar dapat bertahan dalam persaingan pasar
atau kompetitor serta dapat melakukan pemenuhan kebutuhan konsumen yang
bervariasi. Adanya persaingan yang ketat pengusaha juga dituntut untuk terus
berinovasi dan mengoptimalkan strategi pemasaran sehingga dapat mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen. Penelitian bertujuan untuk menggambarkan
seberapa besar pengaruh face to face selling, catalogue marketing, dan online
marketing terhadap keputusan pembelian konsumen di Dira Cafe and Pool Ambulu
Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun dalam pemilihan
sampel menggunakan accidental sampling dengan sampel sebanyak 97 responden.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa face
to face selling, catalogue marketing and online marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Dira Cafe and Pool
Ambulu Jember. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda
didapatkan nilai dari variabel face to face selling sebesar (0.181), catalogue
marketing (0.340) dan online marketing (0.256). Untuk besaran nilai koefisien
determinasi atau R square sebesar 0.654 atau 65.4%, di mana variabel – varibel
tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 65.4% dan sisanya
34.6% dipengaruhi oleh variabel lain.
Untuk itu dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian pada Dira Cafe
and Pool Ambulu Jember sebaiknya pelaku usaha dapat megoptimalkan strategi
pemasaran tersebut, salah satunya dengan meningkatkan pelayanan staf dengan
mengadakan rekruitmen secara periodik dan penempatan pekerja sesuai dengan
kemampuan dan latar belakang pendidikan.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia Pada PT. Tunas Mobilindo Perkasa Cabang Matraman Jakarta; Putik Cynthia Nivitasari, 090910202004; 2014; 108 halaman; Program Studi Ilmu Administrasi Niaga Dewasa ini perkembangan dunia bisnis terutama dalam bidang otomotif sangat berkembang pesat. Perkembangan ini di tandai dengan persaingan yang kompetitif antara perusahaan otomotif yang satu dengan yang lain, terutama di bidang transportasi. Daihatsu Xenia adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang di pasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, perbedaan antara avanza dan xenia tidak terletak pada dapur pacu melainkan ke arah fitur dan brand image. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terdiri dari advertising, personal selling, sales promotion, public relation, direct marketing berpengaruh secara simultan, parsial dan dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Daihatsu Xenia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini teknik pengumpulan data melalui tabulasi data pada kuisioner, teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabelitas. Pengujian hipotesis ini digunakan alat analisis data berupa regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji validitas menunjukkan adanya satu pertanyaan yang tidak valid hal ini dikarenakan nilai r-hitung<r-tabel. Tetapi setelah dilakukan uji validitas ulang sampai pengujian terakhir seluruh pertanyaan dan kuisioner dinyatakan valid. Untuk uji reliabelitas dari semua variabel diperolah nilai cronbach alpha>0.5, maka dinyatakan reliabel. Berdasarkan uji hipotesis uji F diperoleh hasil advertising, personal selling, sales promotion, public relation, direct marketing berpengaruh secara bersama sama terhadap keputusan pembelian mobil type Dayhatsu Xenia, secara parsial advertising, personal selling, sales promotion, public relation, direct marketing mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dan Direct Marketing secara viii dominan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mobil type F650 dan F651 Daihatsu Xenia di PT Tunas Mobilindo Perkasa.
Sri Endah Budiasih (2015-04-07)Implementasi Kebijakan Dan Strategi Tata Letak Pabrik Karet Pasang Panti Jember Indonesia merupakan negara produsen dan pengekspor karet terbesar dunia nomer dua setelah Thailand. Hal ini sangat disayangkan, karena ... -
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesehatan Bank Mandiri dengan menggunakan metode CAMELS pada tahun 2003-2010 dan untuk menganalisis perkembangan kinerja keuangan Bank Mandiri antara tahun 2003-2010. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan analisis rasio CAMELS (Capital, Asset Quality, Management, Earning, Liquidity, dan Sensitivity to Market Risk) untuk menganalisis laporan tahunan (Annual Report) periode 2003-2010. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi yang menggambarkan hasil analisis CAMELS. Berdasarkan hasil analisis kesehatan bank dengan metode CAMELS (Capital, Asset, Management, Earnings, Liquidity, and Sensitivity to Market Risk), dapat disimpulkan bahwa PT. Bank Mandiri, Tbk mendapat predikat sehat, baik untuk tahun 2003 sampai dengan tahun 2010. Tingkat kesehatan bank berdasarkan metode CAMELS (Capital, Asset, Management, Earnings, Liquidity, and Sensitivity to Market Risk), dijelaskan bahwa Tingkat Kesehatan (TKS) PT. Bank Mandiri, Tbk dalam kurun waktu 8 tahun tahun terakhir yaitu tahun 2003-2010 mendapat predikat sehat. Meskipun selama 8 tahun terakhir mengalami kenaikan dan penurunan diakibatkan oleh kondisi ekonomi dan kondisi makro perbankan tetapi tetap dikategorikan bank yang sehat selama 8 tahun periode. Penilaian kinerja PT. Bank Mandiri, Tbk dalam kurun waktu 8 tahun tahun terakhir yaitu tahun 20032010 mengalami perkembangan yang fluktuatif sehingga mengalami penilaian kinerja yang dikatakan naik turun selama periode penelitian. Meskipun demikian perkembangan yang fluktuatif tersebut dinilai baik karena tiap tahun masih berada dalam kondisi yang “sehat” kecuali pada tahun 2005 yang berada dalam kondisi “cukup sehat”.
AINUN SAFITRI FARLIYASARI (2014-01-22)Dalam meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Pendidikan Informal merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar seorang siswa. Pendidikan Informal tersebut ... -
Influence of Marketing Mix against Marketing Performance Through the Orientation of the Batik Small Industry Market In East Java
Komari, Ana; Sularso, Andi; Sumiati, Sumiati (2019-07-12)This research investigates the role of product characteristics as a moderator on the marketing performance of small batik businesses in the East Java Bakorwil II region. The population is a number of batik industry ...