Pengaruh Model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Berbasis Literasi Digital Terhadap Kesadaran Sejarah dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah
Abstract
Keterampilan abad 21 dalam pembelajaran menekankan pada 4C yaitu
Critical Thinking Skills, Creativity, Collaborative Skills, dan Communication.
Hal tersebut sejalan dengan implementasi kurikulum merdeka yaitu
mengintegrasikan teknologi kedalam proses pembelajaran dan berorientasi
pada keterampilan berpikir secara alamiah, sehingga mendorong pembentukan
manusia merdeka yang memiliki kesadaran sejarah. Kesadaran sejarah
menjadi suatu hal yang penting untuk dikembangkan dalam diri peserta didik
karena kesadaran sejarah dapat menjadi kontrol bagi penetrasi budaya asing
dan penyadaran diri akan nilai-nilai luhur bangsa.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh
yang signifikan model ARCS berbasis literasi digital terhadap kesadaran
sejarah peserta didik pada mata pelajaran sejarah; (2) Apakah terdapat
pengaruh yang signifikan model ARCS berbasis literasi digital terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah
memverifikasi pengaruh signifikan penerapan model ARCS berbasis literasi
digital terhadap kesadaran sejarah dan hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran sejarah. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan inovasi
dalam menggunakan model pembelajaran yang akan digunakan, sehingga
optimalisasinya dapat membantu pendidik mencapai tujuan pembelajaran
dengan lebih baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental
dengan model pretest-posttest, non-equivalent control-group design. Sampel
terdiri dari 60 peserta didik pada kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5 di SMAN 1
Bangorejo. Metode penelitian menggunakan dokumentasi, angket, dan tes.
Teknik analisis data menggunakan uji ANCOVA berbantuan software SPSS
25 for windows.
Hasil penelitian memperoleh : 1) hasil uji ANCOVA menunjukkan nilai
sig. 0,000 < 0,05 pada data kesadaran sejarah, yang berarti memperlihatkan
adanya pengaruh yang signifikan penerapan model ARCS berbasis literasi
digital terhadap kesadaran sejarah dan nilai dari partial eta squared sebesar
0,207 tergolong ada pengaruh yang kecil penerapan model ARCS berbasis
literasi digital terhadap kesadaran sejarah peserta didik; 2) hasil uji ANCOVA
pada data hasil belajar menunjukkan nilai sig. 0,006 < 0,05, yang berarti
memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model ARCS
berbasis literasi digital terhadap hasil belajar dan nilai partial eta squared
sebesar 0,123 tergolong ada pengaruh yang kecil penerapan model ARCS
berbasis literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat
pengaruh yang signifikan kesadaran sejarah yang dibelajarkan dengan
menerapkan model ARCS berbasis literasi digital pada mata pelajaran sejarah;
2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar yang dibelajarkan
dengan menerapkan model ARCS berbasis literasi digital pada mata pelajaran
sejarah. Rekomendasi penelitian ini adalah penerapan model ARCS berbasis
literasi digital diharapkan dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang
relevan sesuai kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sejarah dan
mereka dapat memahami materi pelajaran dengan baik, model ARCS berbasis
literasi digital diharapkan dapat menjadi referensi untuk meningkatkan
kompetensi pedagogis pendidik dan dapat diterapkan kepada peserta didik
sehingga proses pembelajaran sejarah menjadi interaktif dan dekat dengan
teknologi.