Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRINDA, Adella Okta
dc.date.accessioned2024-05-22T01:37:47Z
dc.date.available2024-05-22T01:37:47Z
dc.date.issued2023-06-26
dc.identifier.nim190210302008en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120616
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_14en_US
dc.description.abstractKeterampilan abad 21 dalam pembelajaran menekankan pada 4C yaitu Critical Thinking Skills, Creativity, Collaborative Skills, dan Communication. Hal tersebut sejalan dengan implementasi kurikulum merdeka yaitu mengintegrasikan teknologi kedalam proses pembelajaran dan berorientasi pada keterampilan berpikir secara alamiah, sehingga mendorong pembentukan manusia merdeka yang memiliki kesadaran sejarah. Kesadaran sejarah menjadi suatu hal yang penting untuk dikembangkan dalam diri peserta didik karena kesadaran sejarah dapat menjadi kontrol bagi penetrasi budaya asing dan penyadaran diri akan nilai-nilai luhur bangsa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model ARCS berbasis literasi digital terhadap kesadaran sejarah peserta didik pada mata pelajaran sejarah; (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model ARCS berbasis literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah memverifikasi pengaruh signifikan penerapan model ARCS berbasis literasi digital terhadap kesadaran sejarah dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan inovasi dalam menggunakan model pembelajaran yang akan digunakan, sehingga optimalisasinya dapat membantu pendidik mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan model pretest-posttest, non-equivalent control-group design. Sampel terdiri dari 60 peserta didik pada kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5 di SMAN 1 Bangorejo. Metode penelitian menggunakan dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji ANCOVA berbantuan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian memperoleh : 1) hasil uji ANCOVA menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 pada data kesadaran sejarah, yang berarti memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model ARCS berbasis literasi digital terhadap kesadaran sejarah dan nilai dari partial eta squared sebesar 0,207 tergolong ada pengaruh yang kecil penerapan model ARCS berbasis literasi digital terhadap kesadaran sejarah peserta didik; 2) hasil uji ANCOVA pada data hasil belajar menunjukkan nilai sig. 0,006 < 0,05, yang berarti memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model ARCS berbasis literasi digital terhadap hasil belajar dan nilai partial eta squared sebesar 0,123 tergolong ada pengaruh yang kecil penerapan model ARCS berbasis literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kesadaran sejarah yang dibelajarkan dengan menerapkan model ARCS berbasis literasi digital pada mata pelajaran sejarah; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar yang dibelajarkan dengan menerapkan model ARCS berbasis literasi digital pada mata pelajaran sejarah. Rekomendasi penelitian ini adalah penerapan model ARCS berbasis literasi digital diharapkan dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang relevan sesuai kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sejarah dan mereka dapat memahami materi pelajaran dengan baik, model ARCS berbasis literasi digital diharapkan dapat menjadi referensi untuk meningkatkan kompetensi pedagogis pendidik dan dapat diterapkan kepada peserta didik sehingga proses pembelajaran sejarah menjadi interaktif dan dekat dengan teknologi.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Nurul Umamah, M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Sumardi, M.Humen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectModel ARCSen_US
dc.subjectLiterasi Digitalen_US
dc.subjectPembelajaran Sejarahen_US
dc.titlePengaruh Model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Berbasis Literasi Digital Terhadap Kesadaran Sejarah dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarahen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurul Umamah, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Sumardi, M.Humen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_14en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_05_tanggal 22en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record