• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Berbasis Literasi Digital Terhadap Kesadaran Sejarah dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.804Mb)
    Date
    2023-06-26
    Author
    PUTRINDA, Adella Okta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan abad 21 dalam pembelajaran menekankan pada 4C yaitu Critical Thinking Skills, Creativity, Collaborative Skills, dan Communication. Hal tersebut sejalan dengan implementasi kurikulum merdeka yaitu mengintegrasikan teknologi kedalam proses pembelajaran dan berorientasi pada keterampilan berpikir secara alamiah, sehingga mendorong pembentukan manusia merdeka yang memiliki kesadaran sejarah. Kesadaran sejarah menjadi suatu hal yang penting untuk dikembangkan dalam diri peserta didik karena kesadaran sejarah dapat menjadi kontrol bagi penetrasi budaya asing dan penyadaran diri akan nilai-nilai luhur bangsa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model ARCS berbasis literasi digital terhadap kesadaran sejarah peserta didik pada mata pelajaran sejarah; (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model ARCS berbasis literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah memverifikasi pengaruh signifikan penerapan model ARCS berbasis literasi digital terhadap kesadaran sejarah dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan inovasi dalam menggunakan model pembelajaran yang akan digunakan, sehingga optimalisasinya dapat membantu pendidik mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan model pretest-posttest, non-equivalent control-group design. Sampel terdiri dari 60 peserta didik pada kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5 di SMAN 1 Bangorejo. Metode penelitian menggunakan dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji ANCOVA berbantuan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian memperoleh : 1) hasil uji ANCOVA menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 pada data kesadaran sejarah, yang berarti memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model ARCS berbasis literasi digital terhadap kesadaran sejarah dan nilai dari partial eta squared sebesar 0,207 tergolong ada pengaruh yang kecil penerapan model ARCS berbasis literasi digital terhadap kesadaran sejarah peserta didik; 2) hasil uji ANCOVA pada data hasil belajar menunjukkan nilai sig. 0,006 < 0,05, yang berarti memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model ARCS berbasis literasi digital terhadap hasil belajar dan nilai partial eta squared sebesar 0,123 tergolong ada pengaruh yang kecil penerapan model ARCS berbasis literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kesadaran sejarah yang dibelajarkan dengan menerapkan model ARCS berbasis literasi digital pada mata pelajaran sejarah; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar yang dibelajarkan dengan menerapkan model ARCS berbasis literasi digital pada mata pelajaran sejarah. Rekomendasi penelitian ini adalah penerapan model ARCS berbasis literasi digital diharapkan dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang relevan sesuai kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sejarah dan mereka dapat memahami materi pelajaran dengan baik, model ARCS berbasis literasi digital diharapkan dapat menjadi referensi untuk meningkatkan kompetensi pedagogis pendidik dan dapat diterapkan kepada peserta didik sehingga proses pembelajaran sejarah menjadi interaktif dan dekat dengan teknologi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120616
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository