• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN SOAL TES POTENSI AKADEMIK NUMERIK PENERIMAAN SISWA BARU SMP BERBANTUAN MEDIA BERBASIS WIRELESS APPLICATION PROTOCOL JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME)

    Thumbnail
    View/Open
    Indra Riswanto_1.pdf (280.1Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Indra Riswanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tahapan pertama ialah menganalisis setiap butir soal dari segi kualitatif melalui 5 orang validator yaitu dua orang pakar evaluasi hasil belajar mengajar dan tiga orang pakar yang tergabung dalam tim penyusun soal seleksi masuk SMP. Kriteria validasi mencakup dari segi materi, konstruksi soal dan penggunaan bahasa dan budaya. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa 95,9% paket soal layak untuk diujicobakan. Tahapan kedua ialah mengevaluasi kualitas setiap butir soal, yaitu daya pembeda, tingkat kesukaran, validitas soal dan reliabilitas soal. dari hasil uji coba diperoleh hasil bahwa untuk Paket Soal 1, soal valid 97,5%, reliabilitas soal 0,852, soal mudah 27,5%, soal sedang 70% dan soal sukar 2,5 %, daya pembeda sebesar 25% jelek, 25% cukup, 30% baik, 20% sangat baik dan tidak ada butir soal yang dibuang. Paket Soal 2, soal valid 97,5%, reliabilitas 0,841, soal mudah 42,5%, soal sedang 50%, soal sukar 3 %, daya pembeda sebesar 35% jelek, 25% cukup, 25% baik, 15% sangat baik dan tidak ada butir soal yang dibuang. Paket Soal 3, soal valid 99%, reliabilitas soal 0,826. Soal mudah 40%, soal sedang 52,5% ,soal sukar 7,5 %, daya pembeda sebesar 27,5% jelek, 32,5% cukup, 27,5% baik, 12,5% dan tidak ada butir soal yang dibuang. Paket Soal 4, soal valid 92,5%, reliabilitas soal sebesar 0,870, soal mudah 35%, soal sedang 52,5%, soal sukar 12,5 %, daya pembeda sebesar 27,5% jelek, 25% cukup, 20% baik, 27,5% sangat baik dan tidak ada butir soal yang dibuang. Paket Soal 5, soal valid 97,5%, reliabilitas soal sebesar 0,889, soal mudah 37,5%, soal sedang 57,5%, soal sukar 5 %, daya pembeda sebesar 17,5% jelek, 22,5% cukup, 27,5% baik, 32,5% sangat baik dan tidak ada butir soal yang dibuang. Dari hasil uji coba desain aplikasi TPA Numerik diperoleh hasil bahwa diperoleh rata-rata persentase sebesar 86,17% dan desain aplikasi TPA Numerik ini termasuk dalam kategori baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12010
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository