• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksplorasi Science Performance Siswa SMP Kelas 7 dalam Menyelesaikan Masalah Melalui Engineering Design Process pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan

    Thumbnail
    View/Open
    Adisha Febrianti Putri_190210104026.pdf (1.746Mb)
    Date
    2023-05-16
    Author
    PUTRI, Adisha Febrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Kurikulum 2013 pada abad ke-21 sebagai pengganti KTSP khususnya Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mengarahkan serta menuntun pesera didik untuk dapat berpikir secara ilmiah dan mampu mengatasi beragam bentuk permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan lingkungan peserta didik. Namun, pembelajaran IPA yang kurang optimal mampu menjadi faktor rendahnya performa sains peserta didik, sehingga diperlukan penerapan inovasi pembelajaran IPA yang lebih bervariatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji science performance siswa dalam menyelesaikan masalah melalui engineering design process siswa kelas 7 pada materi energi dalam sistem kehidupan. Science performance siswa perlu dikembangkan dan ditingkatkan karena mampu memberikan dampak yang baik serta dapat mengembangkan pola berpikir siswa secara ilmiah, hal tersebut karena science performance yang optimal mampu memberikan pemahaman fakta dan konsep ilmu pengetahuan pada siswa sehingga saat proses pembelajaran siswa menjadi lebih aktif. Salah satu inovasi pembelajaran untuk lebih mengeksplorasi science performance siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran “Engineering Design Process” atau EDP. EDP mampu membimbing siswa untuk mengeksplorasi solusi terbaik berdasarkan kriteria dan batasan-batasan tertentu yang sesuai, sehingga dalam penyelesaiaan masalah dalam IPA siswa akan fokus untuk memperoleh solusi dari masalah yang diberikan dengan mengacu pada kriteria dan batasan yang sesuai dengan yang disajikan oleh guru, tetapi tidak membatasi kreativitas siswa. EDP mampu mengasah keterampilan siswa dalam memberikan solusi suatu permasalahan dalam dunia nyata atau permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif case study atau studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2022/2023 semester ganjil dengan partisipan siswa kelas VII B SMP Negeri 10 Jember sebanyak 10 siswa yang ditentukan melalui teknik purposive sampling area. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Seluruh data yang didapatkan selanjutnya akan direduksi, tahapan ini berisi proses kodifikasi data yang merupakan tahap perkodingan terhadap data, dimana peneliti memberikan nama atau melakukan penamaan terhadap hasil penelitian. Data yang didapatkan dari hasil reduksi data akan disajikan dalam bentuk grafik untuk memudahkan dalam memahami data. Selanjutnya peneliti akan menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis data. Berdasarkan data hasil penelitian yang sudah didapatkan jumlah aktivitas science performance siswa dalam menyelesaikan masalah melalui model pembelajaran EDP untuk kelompok 1 adalah 140 aktivitas dan kelompok 2 adalah 142 aktivitas yang menunjukkan science performance pada siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa science performance siswa dalam menyelesaikan masalah melalui engineering design process (EDP) siswa kelas 7 menunjukkan bahwa aktivitas science performance siswa dalam model pembelajaran EDP cenderung tinggi dan sangat baik. Hal tersebut sesuai dengan terpenuhinya seluruh indikator science performance siswa dalam aktivitas pembelajaran dengan jumlah total aktivitas yang cukup tinggi. Tetapi dalam indikator “request explanation from teacher” aktivitas science performance siswa tergolong rendah. Rendahnya aktivitas dalam indikator tersebut disebabkan karena siswa masih merasa malu dan lebih memilih diam atau bertanya kepada teman
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117238
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15579]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository