Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Adisha Febrianti
dc.date.accessioned2023-07-13T22:13:45Z
dc.date.available2023-07-13T22:13:45Z
dc.date.issued2023-05-16
dc.identifier.nim190210104026en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117238
dc.descriptionFinalisasi repositori 14 Juli 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenerapan Kurikulum 2013 pada abad ke-21 sebagai pengganti KTSP khususnya Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mengarahkan serta menuntun pesera didik untuk dapat berpikir secara ilmiah dan mampu mengatasi beragam bentuk permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan lingkungan peserta didik. Namun, pembelajaran IPA yang kurang optimal mampu menjadi faktor rendahnya performa sains peserta didik, sehingga diperlukan penerapan inovasi pembelajaran IPA yang lebih bervariatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji science performance siswa dalam menyelesaikan masalah melalui engineering design process siswa kelas 7 pada materi energi dalam sistem kehidupan. Science performance siswa perlu dikembangkan dan ditingkatkan karena mampu memberikan dampak yang baik serta dapat mengembangkan pola berpikir siswa secara ilmiah, hal tersebut karena science performance yang optimal mampu memberikan pemahaman fakta dan konsep ilmu pengetahuan pada siswa sehingga saat proses pembelajaran siswa menjadi lebih aktif. Salah satu inovasi pembelajaran untuk lebih mengeksplorasi science performance siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran “Engineering Design Process” atau EDP. EDP mampu membimbing siswa untuk mengeksplorasi solusi terbaik berdasarkan kriteria dan batasan-batasan tertentu yang sesuai, sehingga dalam penyelesaiaan masalah dalam IPA siswa akan fokus untuk memperoleh solusi dari masalah yang diberikan dengan mengacu pada kriteria dan batasan yang sesuai dengan yang disajikan oleh guru, tetapi tidak membatasi kreativitas siswa. EDP mampu mengasah keterampilan siswa dalam memberikan solusi suatu permasalahan dalam dunia nyata atau permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif case study atau studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2022/2023 semester ganjil dengan partisipan siswa kelas VII B SMP Negeri 10 Jember sebanyak 10 siswa yang ditentukan melalui teknik purposive sampling area. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Seluruh data yang didapatkan selanjutnya akan direduksi, tahapan ini berisi proses kodifikasi data yang merupakan tahap perkodingan terhadap data, dimana peneliti memberikan nama atau melakukan penamaan terhadap hasil penelitian. Data yang didapatkan dari hasil reduksi data akan disajikan dalam bentuk grafik untuk memudahkan dalam memahami data. Selanjutnya peneliti akan menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis data. Berdasarkan data hasil penelitian yang sudah didapatkan jumlah aktivitas science performance siswa dalam menyelesaikan masalah melalui model pembelajaran EDP untuk kelompok 1 adalah 140 aktivitas dan kelompok 2 adalah 142 aktivitas yang menunjukkan science performance pada siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa science performance siswa dalam menyelesaikan masalah melalui engineering design process (EDP) siswa kelas 7 menunjukkan bahwa aktivitas science performance siswa dalam model pembelajaran EDP cenderung tinggi dan sangat baik. Hal tersebut sesuai dengan terpenuhinya seluruh indikator science performance siswa dalam aktivitas pembelajaran dengan jumlah total aktivitas yang cukup tinggi. Tetapi dalam indikator “request explanation from teacher” aktivitas science performance siswa tergolong rendah. Rendahnya aktivitas dalam indikator tersebut disebabkan karena siswa masih merasa malu dan lebih memilih diam atau bertanya kepada temanen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Dosen Pembimbing Anggota : Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectEksplorasi Science Performanceen_US
dc.subjectEngineering Design Processen_US
dc.subjectMateri Energien_US
dc.titleEksplorasi Science Performance Siswa SMP Kelas 7 dalam Menyelesaikan Masalah Melalui Engineering Design Process pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-5-Juni 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record