• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pengembangan Pemasaran Olahan Ikan Teri Kering UD Mutiara Laut Probolinggo

    Thumbnail
    View/Open
    0a67b73d_2023_06_tanggal 26 (1.808Mb)
    Date
    2023-01-27
    Author
    SALAMA, Aviatus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia memiliki perairan yang luas yang meliputi perairan tawar, perairan payau dan perairan asin (laut). Dengan luas wilayah perikanan yang mencapai 5,8 juta km2 tentu memiliki potensi yang sangat besar di bidang perikanan. Produksi ikan di Jawa Timur terus meningkat pada tiap tahunnya hal tersebut menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu penghasil perikanan tangkap yang unggul. Salah satu UMKM pengolahan ikan kering berada di desa Sumberanyar Kecamatan Paiton Kabuaten Probolinggo bernama UD Mutiara Laut. Hingga saat ini, usaha ini belum bisa memperluas pangsa pasarnya dikarenakan penentuan strategi yang kurang tepat dalam pengembangan pasar pada olahan ikan teri kering. Hal ini yang mendorong peneliti untuk melakukan analisis nilai tambah pengolahan ikan teri kering, melakukan analisis nilai keunggulan produk serta menganalisis strategi pengembangan usaha dan menentukan strategi pemasaran yang tepat sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan usaha olahan ikan kering di Probolinggo. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif dan dianalisis menggunakan analisis nilai tambah, value proposition, analisis SWOT dan analisis QSPM. Metode pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan pembagian kuisioner. Responden dari penelitian ini meliputi jumlah keseluruhan pelaku usaha olahan ikan kering di UD Mutiara Laut Probolinggo dan pembeli yang berada disekitaran wilayah Probolinggo. Data yang dihasilkan diolah menggunakan Microsoft Excel.Strategi pengembangan usaha olahan ikan teri kering pada UD Mutiara Laut Probolinggo berdasarkan analisis SWOT terdapat 10 alternatif strategi antara lain, membuat inovasi kemasan produk yang menunjang ketahanan produk dan menarik minat pembeli, menambah mitra dalam hal pemasaran produk, pengajuan modal usaha melalui mentoring dan pemerintah daerah, mendaftarkan sertifikasi produk ke BPOM atau SPP-PIRT, melakukan promosi di media sosial, mempertahankan dan meningkatkan kualitas mutu produk yang diperdagangkan, melakukan pengembangan produk sesuai dengan selera pasar, melakukan perencanaan mendalam mengenai penyediaan stok bahan baku dengan penyedia bahan baku, efisiensi biaya produksi dengan menentukan volume produksi untuk meminimalisir kerugian, meningkatkan hubungan dengan penyedia bahan baku untuk memepermudah pemantauan harga bahan baku. Kemudian untuk prioritas strategi pemasaran pada UD Mutiara Laut Probolinggo yaitu melakukan pengembangan produk sesuai dengan selera pasar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117097
    Collections
    • UT-Faculty of Agricultural Technology [2744]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository