Show simple item record

dc.contributor.authorEnggelia Dwi Endi Paramita
dc.date.accessioned2013-12-20T06:49:15Z
dc.date.available2013-12-20T06:49:15Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM060210101137
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11248
dc.description.abstractSilabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Sedangkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Dalam penyusunan silabus dan RPP harus didasarkan atas pertimbangan yang matang supaya siswa memiliki pengalaman belajar yang bermakna. Disamping pelaksanaan pembelajaran yang efektif, silabus dan RPP yang dikembangkan dengan tepat dan efektif akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Sesuai dengan PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat 2 yang intinya adalah pengembang kurikulum secara operasional sampai dengan penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang lebih spesifik menjadi tanggung jawab sekolah (Depdiknas, 2008:4). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan memberikan tanggung jawab operasional dalam penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran lebih spesifik pada sekolah dengan mengembangkan sesuai kondisi, potensi siswa dan potensi daerahnya memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran matematika. Untuk itu dalam pengembangan silabus dan RPP pada tiap-tiap SMP di Kecamatan Lumajang berbeda-beda sesuai dengan kondisi maupun potensi siswanya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pemahaman guru matematika tentang silabus dan RPP, proses pengembangan silabus dan RPP, implementasi silabus dan RPP matematika di SMP se-Kecamatan Lumajang. Penelitian ini dilakukan di 4 SMP Negeri dan 3 SMP Swasta di Kecamatan Lumajang, yaitu SMPN 1 Lumajang, SMPN 2 Lumajang, SMPN 3 Lumajang, SMPN 4 Lumajang, SMP Islam Ghozali, SMP Ibnu Sina, SMP Islam Klojen. Penelitian dilakukan pada tanggal 3-15 Nopember 2010. Subyek penelitiannya adalah guru matematika di SMP tersebut yaitu sebanyak 17 guru matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitiannya deskriptif dengan pendekatan survai. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa tingkat pemahaman guru matematika SMP se-Kecamatan Lumajang tentang silabus dan RPP matematika meliputi memahami tentang silabus dan RPP yang baik dan benar, pengertian silabus dan RPP, komponen dalam silabus dan RPP, landasan hukum pengembangan silabus dan RPP, manfaat silabus dan RPP, arsip-arsip silabus dan RPP maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru matematika telah paham tentang silabus dan RPP matematika. Pengembangan silabus dan RPP matematika yang dilakukan oleh guru matematika di SMP se-Kecamatan Lumajang meliputi kegiatan guru dalam mengembangkan silabus dan RPP matematika, diketahui bahwa 94% guru telah mengembangkan silabus. Sebagian besar telah mengembangkan silabus dan menyusun RPP sesuai prinsip, prosedur dan langkah-langkahnya. Implementasi silabus dan RPP matematika yang dilakukan oleh guru matematika di SMP se-Kecamatan Lumajang adalah kesesuaian antara pengembangan silabus dan RPP matematika yang dilakukan oleh guru matematika dengan pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas, sebanyak 76% guru telah sesuai antara yang ada di silabus dan RPP dengan pelaksanaannya dikelas, sisanya 24% masih belum sesuai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101137;
dc.subjectPENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SILABUSen_US
dc.titlePROFIL PROSES PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SILABUS DAN RPP OLEH GURU MATEMATIKA DI SMP SE-KECAMATAN LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record