PROFIL PROSES PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SILABUS DAN RPP OLEH GURU MATEMATIKA DI SMP SE-KECAMATAN LUMAJANG
Abstract
Silabus  adalah  rencana  pembelajaran  pada  suatu  kelompok  mata 
pelajaran/tema  tertentu  yang  mencakup  standar  kompetensi,  kompetensi  dasar, 
materi  pokok/pembelajaran,  kegiatan  pembelajaran,  indikator  pencapaian 
kompetensi  untuk  penilaian,  penilaian,  alokasi  waktu,  dan  sumber  belajar. 
Sedangkan  RPP  (Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran)  adalah  rencana  yang 
menggambarkan  prosedur  dan  pengorganisasian  pembelajaran  untuk  mencapai 
satu  kompetensi  dasar  yang  ditetapkan  dalam  Standar  Isi  dan  dijabarkan  dalam 
silabus.  Dalam  penyusunan  silabus  dan RPP  harus  didasarkan  atas  pertimbangan 
yang  matang  supaya  siswa  memiliki  pengalaman  belajar  yang  bermakna. 
Disamping  pelaksanaan  pembelajaran  yang  efektif,  silabus  dan  RPP  yang 
dikembangkan  dengan  tepat  dan  efektif  akan  sangat  berpengaruh  terhadap 
keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. 
Sesuai  dengan  PP  No.  19  tahun  2005  tentang  Standar  Nasional 
Pendidikan  pasal  17  ayat  2  yang  intinya  adalah  pengembang  kurikulum  secara 
operasional  sampai  dengan  penyusunan  silabus  dan  rencana  pelaksanaan 
pembelajaran  yang  lebih  spesifik  menjadi  tanggung  jawab  sekolah  (Depdiknas, 
2008:4).  Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  memberikan  tanggung  jawab 
operasional  dalam  penyusunan  silabus  dan  rencana  pelaksanaan  pembelajaran 
lebih spesifik pada sekolah dengan mengembangkan sesuai kondisi, potensi siswa 
dan  potensi  daerahnya  memberikan  kontribusi  positif  terhadap  pembelajaran 
matematika. Untuk itu dalam pengembangan silabus dan RPP pada tiap-tiap SMP 
di  Kecamatan  Lumajang  berbeda-beda  sesuai  dengan  kondisi  maupun  potensi 
siswanya. Tujuan  penelitian  ini  adalah    ingin  mengetahui  pemahaman  guru 
matematika  tentang  silabus  dan  RPP,  proses  pengembangan  silabus  dan  RPP, 
implementasi  silabus  dan  RPP  matematika  di  SMP  se-Kecamatan  Lumajang. 
Penelitian  ini  dilakukan  di  4  SMP  Negeri  dan  3  SMP  Swasta  di  Kecamatan 
Lumajang,  yaitu  SMPN  1  Lumajang,  SMPN  2  Lumajang,  SMPN  3  Lumajang, 
SMPN  4  Lumajang,  SMP  Islam  Ghozali,  SMP  Ibnu  Sina,  SMP  Islam  Klojen. 
Penelitian  dilakukan  pada  tanggal  3-15  Nopember  2010.  Subyek  penelitiannya 
adalah  guru  matematika  di  SMP  tersebut  yaitu  sebanyak  17  guru  matematika. 
Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitiannya  deskriptif  dengan  pendekatan 
survai.  Sedangkan  metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  observasi, 
angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. 
Dari  hasil  penelitian  tersebut  diketahui  bahwa  tingkat  pemahaman  guru 
matematika  SMP  se-Kecamatan  Lumajang  tentang  silabus  dan  RPP  matematika 
meliputi  memahami  tentang  silabus  dan  RPP  yang  baik  dan  benar,  pengertian 
silabus  dan  RPP,  komponen  dalam  silabus  dan  RPP,  landasan  hukum 
pengembangan silabus dan RPP, manfaat silabus dan RPP, arsip-arsip silabus dan 
RPP maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru matematika telah paham 
tentang silabus dan RPP matematika. Pengembangan silabus dan RPP matematika 
yang  dilakukan  oleh  guru  matematika  di  SMP  se-Kecamatan  Lumajang  meliputi 
kegiatan  guru  dalam  mengembangkan  silabus  dan  RPP  matematika,  diketahui 
bahwa  94%  guru  telah  mengembangkan  silabus.  Sebagian  besar  telah 
mengembangkan  silabus  dan  menyusun  RPP  sesuai  prinsip,  prosedur  dan 
langkah-langkahnya.   Implementasi  silabus dan RPP matematika yang dilakukan 
oleh guru matematika di SMP se-Kecamatan Lumajang  adalah kesesuaian antara 
pengembangan silabus dan RPP matematika yang dilakukan oleh guru matematika 
dengan pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas, sebanyak 76% guru telah 
sesuai antara yang ada di silabus dan RPP dengan pelaksanaannya dikelas, sisanya 
24% masih belum sesuai.
