Show simple item record

dc.contributor.authorROFSANJANI, Aluf Bani
dc.date.accessioned2022-10-07T01:49:57Z
dc.date.available2022-10-07T01:49:57Z
dc.date.issued2022-07-22
dc.identifier.nim180210204136en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109864
dc.description.abstractJenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Pada siklus 1 media yang digunakan yaitu kertas origami, dan pada siklus 2 menggunakan media konkret(gula, beras, tepung terigu) dan timbangan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN BalungKidul 02 Jember yang berjumlah 23 siswa dan terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempua. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022.Penggunaan PMR pada siswa SDN Balung Kidul 02 Jember dapat meningkatkanhasil belajarsiswa. Peningkatan dapat dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai rerata hasil belajar siswapada setiap siklusnya. Awalnya, sebelum dilakukan tindakan, siswa kelas VSDN Balung Kidul 02 Jember hanyamemperoleh rata-rata hasil belajar sebesar64,1. Setelah kegiatan siklus 1 rata-rata hasil belajarmeningkat menjadi 69,7. nilai tersebut sebenarnya tidak memenuhi standar ketuntasan minimalyaitu sebesar 70. Sejalan dengan itu, penelitian dilanjutkan dengan siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 2 mengalami kenaikan menjadi 81,1. Nilaipada siklus 2 ini telah memenuhi standar ketuntasan minimal.Peningkatan hasil belajar dipengaruhi oleh faktor bakat, minat, intelegensi, motivasi belajar, serta dibuktikan dengan peningkatan aktivitas guru danhasil belajar siswa. Aktivitas yang dilakukan guru selama aktivitas pembelajaran meliputi kegiatan apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran, mengkondisikan kelas agar tetap kondusif, membimbing siswa ketika bekerja kelompok, menyelesaikan masalah, dan memberikan timbal balik pada siswa selama pembelajaran. Penerapan PMR dengan 5 karakteristik penggunaan konteks, penggunaan model, kontribusi siswa, interaktivitas dan keterkaitan juga dilaksanakan dengan baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPeningkatan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas V SDN Balung Kidul 02 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Titik Sugiarti, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Ridho Alfarisi, S.Pd, M.Pden_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record