• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas V SDN Balung Kidul 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    doc skripsi 180210204136.pdf (4.347Mb)
    Date
    2022-07-22
    Author
    ROFSANJANI, Aluf Bani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Pada siklus 1 media yang digunakan yaitu kertas origami, dan pada siklus 2 menggunakan media konkret(gula, beras, tepung terigu) dan timbangan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN BalungKidul 02 Jember yang berjumlah 23 siswa dan terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempua. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022.Penggunaan PMR pada siswa SDN Balung Kidul 02 Jember dapat meningkatkanhasil belajarsiswa. Peningkatan dapat dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai rerata hasil belajar siswapada setiap siklusnya. Awalnya, sebelum dilakukan tindakan, siswa kelas VSDN Balung Kidul 02 Jember hanyamemperoleh rata-rata hasil belajar sebesar64,1. Setelah kegiatan siklus 1 rata-rata hasil belajarmeningkat menjadi 69,7. nilai tersebut sebenarnya tidak memenuhi standar ketuntasan minimalyaitu sebesar 70. Sejalan dengan itu, penelitian dilanjutkan dengan siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 2 mengalami kenaikan menjadi 81,1. Nilaipada siklus 2 ini telah memenuhi standar ketuntasan minimal.Peningkatan hasil belajar dipengaruhi oleh faktor bakat, minat, intelegensi, motivasi belajar, serta dibuktikan dengan peningkatan aktivitas guru danhasil belajar siswa. Aktivitas yang dilakukan guru selama aktivitas pembelajaran meliputi kegiatan apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran, mengkondisikan kelas agar tetap kondusif, membimbing siswa ketika bekerja kelompok, menyelesaikan masalah, dan memberikan timbal balik pada siswa selama pembelajaran. Penerapan PMR dengan 5 karakteristik penggunaan konteks, penggunaan model, kontribusi siswa, interaktivitas dan keterkaitan juga dilaksanakan dengan baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109864
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository