dc.description.abstract | Tunt utan terhadap lulusan dan layanan lembaga pendidikan yang bermut u
semakin mendesak, karena semakin ketatnya persaingan dalam lapangan kerja.
Pendidikan memiliki peranan yang sangat st rategis dalam mengembangkan sumber
daya manusia (SDM) berkualitas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14
Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun
2005 tent ang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa guru adalah tenaga
profesional. Sebagai tenaga profesional, guru dipersyaratkan mempunyai kualifikasi
akademik S-1 (Strata satu) atau D4 (Diploma empat) dalam bidang yang relevan dan
mengikuti sertifikasi. Sertifikasi guru adalah proses pemberian sert ifikat pendidik
kepada guru. Dengan diadakannya sert ifikasi guru, diharapkan guru mampu menjadi
guru yang profesional yang mampu mengembangkan desain pembelajaran dan
mampu menerapkan sof t skill terhadap diri siswa sehingga menghasilkan generasi
yang bermutu.
Penelitian ini bertujuan unt uk mengetahui kualitas desain pembelajaran guru
biologi SMP Negeri eks-Kotat if Jember sebelum dan sesudah sert ifikasi, serta untuk
mengetahui jenis-jenis sof t skill yang diterapkan oleh guru biologi tersertifikasi untuk
capaian sof t skill siswa dalam mata pelajaran biologi di SMP Negeri eks-Kotat if
Jember. Adapun tempat pelaksanaannya yaitu di SMP Negeri eks-Kotat if Jember.
Penelitian ini menggunakan analisis korelasi bivariat unt uk mengetahui adakah
hubungan antara guru sebelum dan sesudah tersert ifikasi dalam mengembangkan
desain pembelajaran dan unt uk mengetahui hubungan antara sof t skill yang
diterapkan oleh guru dengan capaian sof t skill pada diri siswa.
Hasil penelit ian menunjukkan adanya hubungan antara stat us guru biologi
sebelum dan sesudah tersert ifikasi dalam pengembangan desain pembelajaran yang
mencakup kelengkapan SK & KD, perumusan indikator, pengembangan t ujuan
pembelajaran, pengembangan materi, metode pembelajaran, alokasi wakt u, sumber
pembelajaran, langkah pembelajaran, media pembelajaran, dan penyusunan soal yang
keseluruhan mempunyai rata-rata sebesar 3,07 dengan frekuensi sebesar 75%
sebelum tersert ifikasi dan diperoleh rata-rata 3,73 dengan frekuensi sebesar 93%
sesudah tersert ifikasi. Berdasarkan besar frekuensi dari data yang diperoleh maka
terlihat bahwa ada korelasi yang kuat yaitu 0,702.
Adapun jenis-jenis sof t skill yang diterapkan oleh guru biologi tersert ifikasi
untuk capaian sof t skill siswa dalam mata pelajaran biologi di SMP Negeri eksKotat
if Jember meliput i kepemimpinan yang memiliki frekuensi sebesar 92% dari
yang diterapkan oleh guru dan 76% yang dicapai oleh siswa, kerjasama yang
memiliki frekuensi sebesar 84% dari yang diterapkan oleh guru dan 79% yang
dicapai oleh siswa, t anggung jawab yang memiliki frekuensi sebesar 86% dari yang
diterapkan oleh guru dan 85% yang dicapai oleh siswa, disiplin yang memiliki
frekuensi sebesar 89% dari yang diterapkan oleh guru dan 83% yang dicapai oleh
siswa, sopan santun yang memiliki frekuensi sebesar 89% dari yang diterapkan oleh
guru dan 77% yang dicapai oleh siswa.
Adapun sof t skill berikutnya yaitu menghargai yang memiliki frekuensi
sebesar 88% dari yang diterapkan oleh guru dan 78% yang dicapai oleh siswa,
kreativitas yang memiliki frekuensi sebesar 86% dari yang diterapkan oleh guru dan
78% yang dicapai oleh siswa, komit men yang memiliki frekuensi sebesar 93% dari
yang diterapkan oleh guru dan 85% yang dicapai oleh siswa, kejujuran yang memiliki
frekuensi sebesar 94% dari yang diterapkan oleh guru dan 77% yang dicapai oleh
siswa, dan kemandirian yang memiliki frekuensi sebesar 94% dari yang diterapkan
oleh guru dan 76% yang dicapai oleh siswa. Berdasarkan data tersebut,
pengintegrasian jenis-jenis sof t skill yang diterapkan oleh guru biologi tersert ifikasi
untuk capaian sof t skill siswa dalam mata pelajaran biologi di beberapa SMP Negeri
eks-Kotat if Jember dikatakan sudah baik. | en_US |