• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INVENTARISASI KEMAMPUAN GURU BIOLOGI TERSERTIFIKASI DALAM PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN DAN CAPAIAN SOFT SKILL SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI EKS-KOTATIF JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ulul Husna - 070210103085 (2)_1.pdf (768.6Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Ul ul Husna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tunt utan terhadap lulusan dan layanan lembaga pendidikan yang bermut u semakin mendesak, karena semakin ketatnya persaingan dalam lapangan kerja. Pendidikan memiliki peranan yang sangat st rategis dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tent ang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa guru adalah tenaga profesional. Sebagai tenaga profesional, guru dipersyaratkan mempunyai kualifikasi akademik S-1 (Strata satu) atau D4 (Diploma empat) dalam bidang yang relevan dan mengikuti sertifikasi. Sertifikasi guru adalah proses pemberian sert ifikat pendidik kepada guru. Dengan diadakannya sert ifikasi guru, diharapkan guru mampu menjadi guru yang profesional yang mampu mengembangkan desain pembelajaran dan mampu menerapkan sof t skill terhadap diri siswa sehingga menghasilkan generasi yang bermutu. Penelitian ini bertujuan unt uk mengetahui kualitas desain pembelajaran guru biologi SMP Negeri eks-Kotat if Jember sebelum dan sesudah sert ifikasi, serta untuk mengetahui jenis-jenis sof t skill yang diterapkan oleh guru biologi tersertifikasi untuk capaian sof t skill siswa dalam mata pelajaran biologi di SMP Negeri eks-Kotat if Jember. Adapun tempat pelaksanaannya yaitu di SMP Negeri eks-Kotat if Jember. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi bivariat unt uk mengetahui adakah hubungan antara guru sebelum dan sesudah tersert ifikasi dalam mengembangkan desain pembelajaran dan unt uk mengetahui hubungan antara sof t skill yang diterapkan oleh guru dengan capaian sof t skill pada diri siswa. Hasil penelit ian menunjukkan adanya hubungan antara stat us guru biologi sebelum dan sesudah tersert ifikasi dalam pengembangan desain pembelajaran yang mencakup kelengkapan SK & KD, perumusan indikator, pengembangan t ujuan pembelajaran, pengembangan materi, metode pembelajaran, alokasi wakt u, sumber pembelajaran, langkah pembelajaran, media pembelajaran, dan penyusunan soal yang keseluruhan mempunyai rata-rata sebesar 3,07 dengan frekuensi sebesar 75% sebelum tersert ifikasi dan diperoleh rata-rata 3,73 dengan frekuensi sebesar 93% sesudah tersert ifikasi. Berdasarkan besar frekuensi dari data yang diperoleh maka terlihat bahwa ada korelasi yang kuat yaitu 0,702. Adapun jenis-jenis sof t skill yang diterapkan oleh guru biologi tersert ifikasi untuk capaian sof t skill siswa dalam mata pelajaran biologi di SMP Negeri eksKotat if Jember meliput i kepemimpinan yang memiliki frekuensi sebesar 92% dari yang diterapkan oleh guru dan 76% yang dicapai oleh siswa, kerjasama yang memiliki frekuensi sebesar 84% dari yang diterapkan oleh guru dan 79% yang dicapai oleh siswa, t anggung jawab yang memiliki frekuensi sebesar 86% dari yang diterapkan oleh guru dan 85% yang dicapai oleh siswa, disiplin yang memiliki frekuensi sebesar 89% dari yang diterapkan oleh guru dan 83% yang dicapai oleh siswa, sopan santun yang memiliki frekuensi sebesar 89% dari yang diterapkan oleh guru dan 77% yang dicapai oleh siswa. Adapun sof t skill berikutnya yaitu menghargai yang memiliki frekuensi sebesar 88% dari yang diterapkan oleh guru dan 78% yang dicapai oleh siswa, kreativitas yang memiliki frekuensi sebesar 86% dari yang diterapkan oleh guru dan 78% yang dicapai oleh siswa, komit men yang memiliki frekuensi sebesar 93% dari yang diterapkan oleh guru dan 85% yang dicapai oleh siswa, kejujuran yang memiliki frekuensi sebesar 94% dari yang diterapkan oleh guru dan 77% yang dicapai oleh siswa, dan kemandirian yang memiliki frekuensi sebesar 94% dari yang diterapkan oleh guru dan 76% yang dicapai oleh siswa. Berdasarkan data tersebut, pengintegrasian jenis-jenis sof t skill yang diterapkan oleh guru biologi tersert ifikasi untuk capaian sof t skill siswa dalam mata pelajaran biologi di beberapa SMP Negeri eks-Kotat if Jember dikatakan sudah baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10945
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository