• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pokok Bahasan SPLTV ditinjau dari Self-regulated Learning

    Thumbnail
    View/Open
    [SKRIPSI REPOSITORY].pdf (3.531Mb)
    Date
    2022-03-17
    Author
    WAHDANA, Akfi Hikmah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan literasi matematika adalah suatu kemampuan dimana seseorang dapat merumuskan permasalahan matematika yang ada, kemudian mampu menerapkan pengetahuan matematika yang dimiliki dalam menyelesaikan permasalahan untuk selanjutnya seseorang tersebut dapat melakukan penafsiran permasalahan pada kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. Kemampuan literasi matematika menurut PISA dibagi kedalam 6 level, dengan level1 merupakan level terendah dan level 6 merupakan level tertinggi. Terdapat beberapa indikator dalam pemenuhan level kemampuan literasi matematika. Indonesia sendiri menduduki peringkat terendah dalam pemenuhan level kemampuan literasi matematika, Indonesia selalu berda pada peringkat 10 terbawah dengan nilai rata-rata 375 (level 1). Menurut Hidayat dkk. Rendahnya kemampuan literasi matematika tidak hanya disebabkan kurangnya pengetahuan melainkan dipengaruhi kurangnya self-regulateed learning siswa dalam belajar. Beberapa penelitian sebelumnya membahas tentang rendahnya kemampuan literasi matematika di Indonesia akan tetapi masih belum ada penelitian serupa yang dilakukan pada siswa dengan self-regulated learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal HOTS pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) ditinjau dari selfregulated learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari selfregulated learning yang dimiliki oleh siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Arjasa. Subjek penelitian terdiri atas tiga siswa mewakili setiap tingkatan self-regulated learning. Prosedur yang digunakan pada penelitian ini meliputi kegiatan pendahuluan, penyusunan instrumen, validasi instrumen, penentuan subjek penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen pada penelitian yang digunakan terdiri atas peneliti, angket self-regulated learning, soal tes kemampuan literasi metematika, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Pengambilan data dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 2 Desember 2021 yaitu diberikannya angket kepada seluruh siswa kelas X IPA 1 yang terdiri dari 34 siswa dan 3 desember 2021 yaitu pemberian soal tes dan wawancara terhadap tiga subjek. Berdasarkan data yang diperoleh, dilakukan analisis untuk mengetahui siswa dengan self-regulated learning rendah, sedang, dan tinggi untuk selanjutnya diberikan soal tes. Pada kategori self-regulated learning rendah siswa tidak dapat memenuhi indikator level 4 kemampuan literasi matematika, siswa hanya dapat menuliskan kembali informasi dengan tidak memahami maksud dari soal. Pada kategori self-regulated learning sedang siswa juga tidak dapat memenuhi semua indikator level 4 kemampuan literasi matematika, siswa hanya dapat memenuhi satu indikator yaitu menggunakan informasi pada soal dengan merubah informasi pada soal dalam bentuk matematika, siswa tidak dapat menemukan langkah yang dapat menyelesaikan soal tersebut. Pada kategori self-regulated learning tinggi, siswa dapat memenuhi indikator pada level 4 dengan menyelesaikan soal dengan baik, yaitu dengan menyelesaikan soal menggunakan metode tertentu, menggunakan informasi pada soal, menggunakan ketrampilan berhitungnya dan dapat memberikan kesimpulan beserta alasannya. Namun tidak dapat memenuhi indikator pada level selanjutnya yaitu level 5 dan level 6.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106953
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository