Show simple item record

dc.contributor.authorWAHDANA, Akfi Hikmah
dc.date.accessioned2022-05-31T03:22:02Z
dc.date.available2022-05-31T03:22:02Z
dc.date.issued2022-03-17
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106953
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 31 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan literasi matematika adalah suatu kemampuan dimana seseorang dapat merumuskan permasalahan matematika yang ada, kemudian mampu menerapkan pengetahuan matematika yang dimiliki dalam menyelesaikan permasalahan untuk selanjutnya seseorang tersebut dapat melakukan penafsiran permasalahan pada kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. Kemampuan literasi matematika menurut PISA dibagi kedalam 6 level, dengan level1 merupakan level terendah dan level 6 merupakan level tertinggi. Terdapat beberapa indikator dalam pemenuhan level kemampuan literasi matematika. Indonesia sendiri menduduki peringkat terendah dalam pemenuhan level kemampuan literasi matematika, Indonesia selalu berda pada peringkat 10 terbawah dengan nilai rata-rata 375 (level 1). Menurut Hidayat dkk. Rendahnya kemampuan literasi matematika tidak hanya disebabkan kurangnya pengetahuan melainkan dipengaruhi kurangnya self-regulateed learning siswa dalam belajar. Beberapa penelitian sebelumnya membahas tentang rendahnya kemampuan literasi matematika di Indonesia akan tetapi masih belum ada penelitian serupa yang dilakukan pada siswa dengan self-regulated learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal HOTS pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) ditinjau dari selfregulated learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari selfregulated learning yang dimiliki oleh siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Arjasa. Subjek penelitian terdiri atas tiga siswa mewakili setiap tingkatan self-regulated learning. Prosedur yang digunakan pada penelitian ini meliputi kegiatan pendahuluan, penyusunan instrumen, validasi instrumen, penentuan subjek penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen pada penelitian yang digunakan terdiri atas peneliti, angket self-regulated learning, soal tes kemampuan literasi metematika, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Pengambilan data dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 2 Desember 2021 yaitu diberikannya angket kepada seluruh siswa kelas X IPA 1 yang terdiri dari 34 siswa dan 3 desember 2021 yaitu pemberian soal tes dan wawancara terhadap tiga subjek. Berdasarkan data yang diperoleh, dilakukan analisis untuk mengetahui siswa dengan self-regulated learning rendah, sedang, dan tinggi untuk selanjutnya diberikan soal tes. Pada kategori self-regulated learning rendah siswa tidak dapat memenuhi indikator level 4 kemampuan literasi matematika, siswa hanya dapat menuliskan kembali informasi dengan tidak memahami maksud dari soal. Pada kategori self-regulated learning sedang siswa juga tidak dapat memenuhi semua indikator level 4 kemampuan literasi matematika, siswa hanya dapat memenuhi satu indikator yaitu menggunakan informasi pada soal dengan merubah informasi pada soal dalam bentuk matematika, siswa tidak dapat menemukan langkah yang dapat menyelesaikan soal tersebut. Pada kategori self-regulated learning tinggi, siswa dapat memenuhi indikator pada level 4 dengan menyelesaikan soal dengan baik, yaitu dengan menyelesaikan soal menggunakan metode tertentu, menggunakan informasi pada soal, menggunakan ketrampilan berhitungnya dan dapat memberikan kesimpulan beserta alasannya. Namun tidak dapat memenuhi indikator pada level selanjutnya yaitu level 5 dan level 6.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dr. Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S. Dosen Pembimbing II : Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Literasi Matematikaen_US
dc.subjectSelf-Regulated Learningen_US
dc.titleKemampuan Literasi Matematika Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pokok Bahasan SPLTV ditinjau dari Self-regulated Learningen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record