• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    WACANA ARGUMENTASI DALAM RUBRIK ”OPINI” PADA SURAT KABAR HARIAN ”JAWA POS” DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Winarti_1.pdf (325.1Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Winarti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil dan kesimpulan penelitian ini yaitu: Pertama, struktur wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos terdiri atas pendahuluan, argumen, dan penegasan. Bagian pendahuluan, penulis menunjukkan (a) betapa pentingnya topik argumentasi, ketepatan waktu, dan bagaimana kedudukannya di antara masalah-masalah lainnya; dan (b) menjelaskan latar belakang historis argumentasinya. Bagian argumen menggunakan proses penalaran definisi, sebab akibat, perbandingan, dan analogi. Bagian penegasan, penulis menegaskan pokok-pokok penting argumen. Kedua, proposisi wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos menunjukkan: 1) implikatur didasarkan pada (a) sumbangan informasi sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman pembaca, dan (b) sumbangan informasi sesuai dengan tingkat penerimaan pembaca; 2) inferensi dalam wacana tersebut dapat ditafsirkan dengan menggunakan (a) prinsip analogi, dan (b) prinsip penafsiran lokal; serta 3) referensi yang digunakan mengacu pada (a) referensi personal, (b) referensi demonstratif, dan (c) referensi komparatif. Ketiga, wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran membaca kritis di SMA kelas XII semester 1. Pemanfaatan tersebut pada standar kompetensi “3. Memahami artikel dan teks pidato” dengan kompetensi dasar “3.1. Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif”. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat diberikan saran: 1) bagi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai alternatif materi pembelajaran membaca kritis di SMA serta dapat dijadikan sebagai referensi dalam menambah pengetahuan tentang wacana; dan 2) bagi peneliti selanjutnya, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai acuan dan masukan untuk melakukan penelitian lanjutan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10404
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository