• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MACAM-MACAM SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN UMBULSARI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Eka Yuliani_001.pdf (204.7Kb)
    Date
    2013-09-12
    Author
    Eka Yuliani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan belajar pembelajaran di SDN Umbulsari 02 Jember kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah dikarenakan kurangnya fasilitas yang diberikan sekolah. Menurut hasil wawancara awal dengan siswa kelas IV bahwa pada saat pembelajaran terutama pelajaran IPS, siswa selalu disuruh untuk menghafal materi dan mencatatnya pada buku tulis sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Oleh karena itu, guru kelas harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah suatu metode yang masing- masing anggota kelompok secara acak ditugaskan untuk menjadi “ahli (expert)” pada suatu aspek tertentu dari materi, setelah membaca materi “ahli” dari kelompok berbeda berkumpul untuk mendiskusikan topik mereka dan kemudian kembali ke kelompok semula untuk mengajarkan topik yang mereka kuasai kepada teman sekelompoknya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS pokok bahasan macam- macam sumber daya alam siswa kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?, dan (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan macam-macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS pokok bahasan macam-macam sumber daya alam siswa kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPS pokok bahasan macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012, dan (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPS pokok bahasan macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember yang terdiri dari 30 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 29 Oktober 2011 sampai dengan 10 Nopember 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember.. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 47,08% dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 67,50% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,67% dan pada siklus II hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 71,17%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Umbulsari 02 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajarnya. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,42%, sedangan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 7,50%. Oleh karena itu penelitian di SDN Umbulsari 02 Jember tuntas. Beberapa saran berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran IPS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1027
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository