Browsing by Subject "Pembelajaran Sejarah"
Now showing items 1-18 of 18
-
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM MATA KULIAH SEJARAH ASIA BARAT DAYA
(2017-06-02)The main learning problem of South West Asia History subject is a wide scope of the materials. This condition stimulated a lecturer to find the appropriate method to learn the materials. A panel discussion which was ... -
Implementasi Problem Based Learning dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Tingkat Dasar dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA 1 Arjasa Tahun Ajaran 2018/2019
(2019-10-10)Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan problem based learning dengan media audio visual pada peserta didik Kelas XI IPS 1 SMAN 1 ... -
KONTRIBUSI SUPERVISI KLINIS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 3
(UNEJ, 2014)Supervisi klinis merupakan suatu kegiatan supervisi yang terdiri dari tiga tahap yakni tahap perencanaan, pengamatan, dan analisis intelektual yang bertujuan untuk memperkecil jurang antara tingkah laku mengajar nyata ... -
Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam Meningkatkan Kesadaran Sejarah Peserta Didik
(Diakronika, 2022-06-26)Kesadaran sejarah merupakan tuntutan yang perlu dicapai dalam pembelajaran sejarah era 4.0 dengan mengimplementasikan paradigma merdeka belajar dan kurikulum 2013. Rendahnya kesadaran sejarah generasi muda pada era 4.0 ... -
PEMBELAJARAN SEJARAH KESIAPANNYA MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN
(2018-01-15)Paper ini dilatarbelakangi keresahan penulis melihat kesiapan pendidikan untuk memfasilitasi kebutuhan belajar generasi milenial yang sering disebut Gen Y dan fenomena lahirnya generasi Z. Generasi Z memiliki karakteristik ... -
Penerapan Model pembelajaran Inquiring Minds Want To Know untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pembelajaran Sejarah pada Kelas XI IPS 1 di SMAN Ambulu Tahun Ajaran 2017-2018
(2018-11-14)Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS 1 adalah pendidik masih menggunakan media pembelajaran gambar kurang disukai oleh peserta didik. Media yang digunakan pendidik sama dengan sebelumnya ... -
Pengaruh Model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Berbasis Literasi Digital Terhadap Kesadaran Sejarah dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-26)Keterampilan abad 21 dalam pembelajaran menekankan pada 4C yaitu Critical Thinking Skills, Creativity, Collaborative Skills, dan Communication. Hal tersebut sejalan dengan implementasi kurikulum merdeka yaitu mengintegrasikan ... -
Pengembangan Aplikasi Ms. Edury Sebagai Sumber Belajar Sejarah Berbasis Android dan Efektivitasnya Terhadap Minat Belajar Sejarah Menggunakan Model ASSURE
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-12-07)Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan besar dari perkembangan revolusi industri 4.0. Kurangnya atensi pendidik dalam mengintegrasikan teknologi pada proses pembelajaran mempengaruhi rendahnya minat belajar peserta ... -
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KERAJAAN LAMAJANG TIGANG JURU TAHUN 1294 M – 1316 M DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA
(UNEJ, 2014)Pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. Menunjang hal tersebut, diperlukan sumber pendukung pembelajaran, salah satunya dengan perlunya pengkajian sejarah lokal. ... -
Pengembangan E-modul Adaptif Berbasis Canva pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Sma dengan Model Assure
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi ahli dan tingkat keefektifan pembelajaran sejarah menggunakan modul elektronik adaptif berbasis Canva dengan penerapan model ASSURE berkolaborasi dengan teknologi ... -
Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Berbasis Learning Start With A Question uintuk Meningkatkan Hasil Belajar menggunakan Model Borg and Gall
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2021)Era revolusi industri 4.0 memiliki tantangan sekaligus peluang bagi lembaga pendidikan. Dengan lahirnya Revolusi Industri 4.0 telah mengubah pandangan pendidikan untuk melakukan inovasi-inovasi dengan menggunakan unsur ... -
Pengembangan E-modul Pembelajaran Sejarah Berbasis Inquiry Learning dengan Menggunakan Model Addie
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-09)Pendidikan yang berkualitas tidak lepas dari seorang pendidik yang mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Karena kemajuan teknologi dapat memudahkan pendidik dan peserta didik dalam mengakses sumber belajar. ... -
Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Historical Analysis dengan Menggunakan Model ASSURE;
(Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,, 2019-03-19)Salah satu tujuan pembelajaran sejarah adalah meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran sejarah yaitu menganalisis peristiwa sejarah dan menyajikan hasil analisisnya ke dalam bentuk tulisan berdasarkan ... -
Pengembangan media e-learning menggunakan edmodo untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah kelas X SMA
(2018-11-14)Media pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) sudah banyak digunakan dibeberapa sekolah di kabupaten Jember termaksud di SMAN 4 Jember, SMAN Pakusari, SMAN Rambipuji. Namun media yang digunakan disekolah tersebut ... -
Pengembangan Multimedia Smart Apps Creator Berbasis Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-03-27)Perkembangan teknologi dan karakteristik peserta didik generasi Z membawa perubahan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan memberikan paradigma baru pembelajaran abad ke-21. Kebutuhan akan komputer ... -
Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Berbasis Powtoon dengan Sintak Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills
(Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 2022-11-01)Paradigma merdeka belajar dan perkembangan teknologi digital membawa perubahan besar dalam pembelajaran sejarah. Pendidik diharapkan berinovasi dalam pembelajaran guna mengembangkan Critical Thinking Skills (CTS) peserta ... -
Perbedaan Model Challenge Based Learning dan Model Case Based Learning Terhadap Critical Thinking Skills Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-11-15)Pembelajaran abad 21 berorientasi pada 4 keterampilan penting yakni critical thinking skills, creativity, collaboration dan communication. Critical thinking skills dapat mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik, ... -
UPAYA MENINGKATKAN NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIO DRAMA DI KELAS XII IPS 2 MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018
(2018-05-03)Pembelajaran sejarah memiliki tujuan penting yang harus dicapai, diantaranya ialah: (1) Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan ...