• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN SEJARAH KESIAPANNYA MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    F. KIP_Prosiding_Nurul Umamah_PEMBELAJARAN SEJARAH.pdf (895.6Kb)
    Date
    2018-01-15
    Author
    Umamah, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Paper ini dilatarbelakangi keresahan penulis melihat kesiapan pendidikan untuk memfasilitasi kebutuhan belajar generasi milenial yang sering disebut Gen Y dan fenomena lahirnya generasi Z. Generasi Z memiliki karakteristik yang spesifik, antara lain digital natives, screensters, gamers, Zeds. Generasi yang cerdas teknologi (tech-savvy), terhubung (connected) dalam kehidupan global di planet bumi, generasi pengubah dunia, dan "mengikuti kata hati" (conscientious) (Kamdi, 2016). Hasil survey mengindikasikan Generasi Z sangat self directed, memiliki keinginan kuat untuk bekerja bagi diri sendiri, mempelajari kewirausahaan, dan merancang sendiri program studi yang mereka inginkan dipendidikan tinggi (Barnes & Noble College, 2014). Lebih tegas lagi AON (2017) menyebutkan generasi Z ingin membentuk journey mereka sendiri. Pada sisi lain, realita pendidikan terkini dikeluhkan oleh presiden Joko Widodo, bahwa Pendidikan di Indonesia monoton (28 Oktober 2017). Bagaimana pendidikan mampu menjawab tantangan jaman bila monoton? J.ebih spesifik lagi mengkaji tentang pembelajaran sejarah, yang identik dengan membelajarkan masa lalu yang bersifat einmalig, berbicara tentang masa lalu, dogma, doktrin, isi materinya jauh dari pembebasan/pemerdekaan. Sungguh, ajaran yang sangat bertentangan dengan kebutuhan dan karakteristik generasi Z. Perlu pemikiran yang mendalam untuk memecahkan masalah pendidikan bangsa, khususnya pembelajaran sejarah supaya tidak terjebak pada dogma-dogma, pesanan-pesanan yang akhirnya tidak terterima dengan baik oleh peserta didik, justru membuat ruang sekolah laiknya museum, pembelajaran bak dongeng pengantar tidur. Melalui studi literatur, dengan mengkaji penelitian-penelitian terkini, teori-teori dan praksis belajar/ pembelajaran, paperini mencoba menawarkan alternatif pemecahan masalah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83960
    Collections
    • LSP-Conference Proceeding [1877]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail