Browsing by Subject "Motivasi Belajar"
Now showing items 1-20 of 33
-
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMICU MOTIVASI BELAJAR DALAM STRATEGI BELAJAR BERBASIS MASALAH
(2013-12-20)Problem Based Leaning Strategi belajar PBL yang banyak di terapkan oleh fakultas kedokteran saat ini ialah strategi PBL model SPICES. PBL model SPICES yang pertama kali di perkenalkan oleh Harden Penelitian ini ... -
Hubungan antara Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP selama Pembelajaran Daring
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-07-21)Sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dikarenakan munculnya pandemi Covid-19. Mendikbud menghimbau agar semua satuan pendidikan dibawah Kemendikbud untuk menunda penyelenggaraan acara dan menggantikannya ... -
Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Aktivitas Belajar peserta Kursus Komputer Biostec di Kecamatan Patrang Kotatif Jember Tahun 1997
(FKIP, 1997-12-27)Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan jalan meningkatkan pengetahuan melalui lembaga-lembaga pendidikan formal maupun non formal seperti lembaga pendidikan yang berbentuk kursus komputer. Lembaga kursus komputer ... -
“Hubungan Antara Motivasi Belajar Ekstrinsik Dengan Partisipasi Warga Belajar Keaksaran Fungsional Di Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember
(2015-12-01)Motivasi dalam kegiatan belajar terdapat dua macam, yaitu motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Dengan adanya motivasi belajar menunjukan warga belajar menyadari bahwa kegiatan belajar yang diikutinya bermanfaat ... -
Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji Jember)”.
(2014-01-22)Pendidikan adalah proses interaksi antara guru dan siswa, yang bertujuan meningkatkan perkembangan mental sehingga menjadi mandiri. Secara umum dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan satuan tindakan yang memungkink ... -
Korelasi Antara Motivasi Belajar Intrinsik pada Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar Kognitif PPKn Kelas IV Tema 5 Pahlawanku di SDN Gendingan 01 Ngawi
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-04-25)Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara motivasi belajar intrinsik pada pembelajaran daring dengan hasil belajar kognitif PPKn kelas IV di SDN Gendingan 01 Kabupaten Ngawi. Metode ... -
Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrawan 01 Jember
(UNEJ, 2012)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mrawan 01 Jember dengan tujuan untuk menerapkan metode inquiry agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan teknologi ... -
Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kebonsari 03 Jember dengan tujuan untuk m enerapkan metode sosiodrama agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE,
(UNEJ, 2014)Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah didominasi oleh pendidik. Pendidik masih menggunakan pembelajaran padarigma lama yang ... -
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 SMAN 1 TANGGUL
(UNEJ, 2014)Latar belakang penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran oleh pendidik yang kurang tepat. Pendidik menggunakan strategi pembelajaran yang kurang membuat peserta didik menjadi aktif. Akibatnya motivasi belajar ... -
PENERAPAN STRATEGI SQ3R DENGAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH
(UNEJ, 2014)Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang tepatnya penggunaan strategi yang digunakan pendidik yaitu pembelajaran langsung dimana pendidik masih menjadi pusat dari pembelajaran. Peserta didik belajar hanya untuk ... -
Pengaruh Media Augmented Reality Assemblr EDU terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA pada Materi Gelombang Mekanik
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-04-14)Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada pembelajaran abad 21 yang semakin pesat mengakibatkan adanya perubahan pada pembelajaran, salah satunya perubahan pada teknologi dan media pembelajaran yang ... -
Pengaruh Media Pembelajaran PhET Simulation terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis pada Siswa SMK
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-08-18)Pendidikan adalah usaha yang terencana yang bertujuan untuk mewujudkan lingkungan belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya dalam memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian ... -
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR, KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI S
(2016-08-19)Pembelajaran fisika di sekolah pada kenyataannya masih mengalami permasalahan. Menurut Trianto (2009: 5), masalah utama dalam pembelajaran pada pendidikan formal dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Rqaad terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi
(Jurnal Pendidikan Biologi, 2021-02-02)Pembelajaran di masa pandemi COVID-19 yang dilakukan secara daring tentu tidak berbeda dengan pembelajaran yang dilakukan secara luring. Suatu model/strategi pembelajaran tetap bisa digunakan dalam pembelajaran, termasuk ... -
Pengaruh Model Problem Based Learning disertai PETA Konsep terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar IPA Siswa SMP Kelas VII
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-10-01)Pada proses pembelajaran IPA saat ini, peran aktif siswa dalam pembelajaran sangat penting agar siswa dapat memahami dengan baik tentang materi yang sedang dipelajari. Maka dari itu diperlukan pemilihan model pembelajaran ... -
Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ketenagakerjaan (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Probolinggo)
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-13)Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti motivasi, kecerdasan, minat, kompetensi guru, gaya belajar, fasilitas belajar, dan teman sebaya. Sedangkan motivasi belajar merupakan faktor utama ... -
Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik dan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di MTs Al Azhar Panduman Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2010/2011
(2013-12-18)Siswa dan Guru merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Guru merupakan tenaga pengajar yang memberikan informasi dan pengetahuan bagi siswa untuk mencapai ... -
Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Potensi Akademik Matematika Mahasiswa Papua di Jember terhadap Prestasi Akademik
(2018-07-30)Prestasi akademik adalah cerminan kemampuan individu dalam mengikuti pembelajaran di lembaga pendidikan dan dapat digunakan sebagai salah satu indikator keberhasilan proses belajar. Prestasi akademik dapat meningkatkan ... -
Pengaruh Pemberian Motivasi Belajar dan Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)
(2013-12-18)Pemberian motivasi belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Pemberian motivasi belajar dapat mendorong anak untuk meningkatkan kegiatan belajarnya. ...