• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik dan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di MTs Al Azhar Panduman Jelbuk Jember Tahun Ajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI (YUDHA KURNIAWAN_030210301336)_001.pdf (69.30Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    YUDHA KURNIAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa dan Guru merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Guru merupakan tenaga pengajar yang memberikan informasi dan pengetahuan bagi siswa untuk mencapai hasil belajar yang baik, salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah adanya motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa dibagi menjadi dua yaitu motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VII di MTs Al-Azhar Jelbuk Jember, dan juga untuk mengetahui variabel manakah yang dominan mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut. Teori motivasi dikembangkan oleh Abraham H. Maslow yang intinya bahwa manusia mempunyai lima tingkat atau hierarki kebutuhan, yaitu : (1) kebutuhan fisiologikal (physiological needs), (2) kebutuhan rasa aman (safety needs), (3) kebutuhan akan kasih sayang (love needs); (4) kebutuhan akan harga diri (esteem needs), dan (5) aktualisasi diri (self actualization). Menurut Sudjana (1995: 61) motivasi belajar intrinsik memiliki 5 aspek yaitu minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran, semangat siswa untuk melakukan tugas-tugas belajarnya, tanggungjawab siswa dalam mengerjakan tugas-tugas belajarnya, rasa senang dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, reaksi siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru. Menurut Nasution (1997:216) motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan oleh faktor-faktor dari luar situasi belajar, seperti dalam bentuk pujian, hadiah, dan hukuman. Penentuan daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive area. Metode penentuan responden dengan menggunakan metode populasi yaitu penetapan seluruh obyek sebagai sumber data penelitian. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VII A dan VII B di MTs Al-Azhar yang berjumlah 63 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial yang digunakan meliputi: persamaan garis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana Fhitung (26,590) > Ftabel Berdasarkan hal diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VII MTs Al-Azhar Panduman Jelbuk tahun ajaran 2010/2011 dan variabel bebas yang berpengaruh paling dominan terhadap terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VII MTs Al-Azhar Panduman Jelbuk tahun ajaran 2010/2011 yaitu variabel motivasi belajar intrinsik (X1). (3,09) dengan signifikansi 0.00 dan varian garis regresi sebesar 0.685 yang berarti bahwa variabel motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik secara simultan mempengaruhi hasil belajar sebesar 68,5 %. Hasil analisis melalui uji t, diperoleh data bahwa variabel motivasi intrinsik (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditujukan dengan nilai hasil uji t, yaitu : X1 = 5,026 dan X2 = 3,895. Selain itu juga dapat dilihat melalui proporsi sumbangan dari masing- masing variabel, yaitu : X1 = 28,19 %, X2 = 18,78 %.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9869
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15364]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository