Pengaruh Pemberian Motivasi Belajar dan Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Pemberian  motivasi  belajar  dan  ketersediaan  fasilitas  belajar  di  rumah  dapat 
mempengaruhi  prestasi  belajar  siswa.  Pemberian  motivasi  belajar  dapat  mendorong 
anak untuk meningkatkan kegiatan belajarnya. Adanya dukungan pemberian motivasi 
belajar dari orang tua dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah yang memadai akan  
meningkatkan  prestasi  belajar  anak,  begitu  pula  sebaliknya  kurangnya  motivasi 
belajar  yang  diberikan  orang  tua  dan    ketersediaan  fasilitas  belajar  di  rumah  dapat 
menurunkan prestasi belajar anak.  
Penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahui  pengaruh  yang  signifikan  dari 
pemberian  motivasi  belajar  dan  ketersediaan  fasilitas  belajar  di  rumah  terhadap 
prestasi  belajar  ekonomi  siswa  kelas  X  di  SMA  Negeri  2  Tanggul  semester  ganjil 
tahun  ajaran  2010/2011,  serta  manakah  faktor  yang  berpengaruh  paling  dominan 
terhadap  prestasi  belajar  ekonomi  siswa.  Metode  penentuan  daerah  penelitian  yang 
digunakan  adalah  purposive  area  yaitu  di  SMA  Negeri  2  Tanggul  kelas  X  semester 
ganjil  tahun  ajaran  2010/2011.  Metode  pengambilan  sampel  dalam  penelitian  ini 
adalah  proposional  random  sampling  sebanyak  74  siswa,  sedangkan  metode 
pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumen dan  wawancara. Analisis 
data yang digunakan adalah analisis inferensial. 
Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  pemberian  motivasi  belajar  dan 
ketersediaan  fasilitas  belajar  di  rumah  berpengaruh  signifikan  terhadap  prestasi 
belajar  ekonomi  siswa  kelas  X  di  SMA  Negeri  2  Tanggul  semester    ganjil  tahun 
ajaran  2010/2011.  Hal  ini  ditunjukkan  dari  hasil  perhitungan  Fhitung
  >  Ftabel (126,347>3,126) dengan  a =0,05 > Sig F = 0,000 dan koefisien determinasi (Rsquare
) 
sebesar  0,781  atau  78,01%  yang  berarti  variabel  pemberian  motivasi  belajar  dan 
ketersediaan  fasilitas  belajar  di  rumah  memberikan  sumbangan  sebesar  78,01% 
terhadap  prestasi  belajar  ekonomi  siswa.  Besarnya  proporsi  sumbangan  variabel 
pemberian  motivasi  belajar  (X1)  53,27%,  sedangkan  variabel  ketersediaan  fasilitas 
belajar  di  rumah  (X2)  24,74%.  Dengan  demikian  proporsi  sumbangan  terbesar 
variabel  bebas  terhadap  variabel  terikat  diberikan  oleh  variabel  pemberian  motivasi 
belajar (X1) sebesar 53,27%.  Berdasarkan  hasil  penelitian  ini  dapat  diketahui  bahwa 
pemberian  motivasi  belajar  dan  ketersediaan  fasilitas  belajar  di  rumah  dapat 
memberikan kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar siswa ekonomi siswa.