Browsing by Title
Now showing items 55928-55947 of 88335
-
Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMAN Pakusari
(2017-07-19)Fisika merupakan cabang IPA yang mempelajari fenomena-fenomena tentang alam, hasil pemikiran dan eksperimen (Lestari, 2014: 60). Dalam proses pemahaman konsep IPA memiliki empat unsur utama yaitu sikap, proses, produk dan ... -
Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Karakter Gotong-Royong Mata Pelajaran PPKn Unit 3 Siswa Kelas IV SDN Blindungan 1 Bondowoso
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-11-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model inkuiri terhadap karakter gotong-royong mata pelajaran PPKn unit 3 siswa kelas IV SDN Blindungan 1 Bondowoso. Jenis penelitian yang dilakukan adalah ... -
Pengaruh Model Inkuiri Terstruktur terhadap Kemampuan Scientific Explanation Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA
(Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 2020-08-02)Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model inkuiri terstruktur terhadap kemampuan scientific explanation siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Terdapat keterkaitan antara pembelajaran berbasis penyelidikan ... -
Pengaruh Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan TPACK Terhadap Historical Thinking Skill dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Sejarah
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-04-17)Salah satu lingkup standar capaian pembelajaran sejarah di Kurikulum Merdeka adalah keterampilan berpikir historis atau Historical Thinking Skill. Historical Thinking Skill merupakan kemampuan peserta didik untuk berpikir ... -
PENGARUH MODEL INTEGRASI MIND MAP DAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 10 JEMBER
(2015-12-07)Upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah perubahan kurikulum. Perubahan dalam proses pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru berubah menjadi pembelajaran yang berpusat ... -
Pengaruh Model Integratif Berbantuan Google Classroom terhadap Critical Thinking Skills Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-12-05)Pengaruh Model Integratif berbantuan Google Classroom terhadap Critical Thinking Skills Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah; Diayu Putri Permatasari; 180210302076; 2022; xvi + 128 halaman; Program Studi Pendidikan ... -
Pengaruh Model Kooperatif Group Investigation disertai Peta Konsep Pokok Bahasan Alatalat Optik Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa SMA”
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-09-22)Model pembelajaran kooperatif group investigation merupakan salah satu model pembelajaran yang memenuhi student centered learning dan sesuai dengan karakteristik fisika. Group investigation merupakan tipe model kooeperatif ... -
Pengaruh Model Kooperatif Think Pair Share (Tps) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma
(2020)Berdasarkan Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pembelajaran merupakan proses interaksi siswa dengan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Salah satu kompetensi pembelajaran dalam ... -
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X
(UNEJ, 2016)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode eksperimen terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa ... -
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA (STUDI PADA KELAS X MIA DI MAN 1 JEMBER)
(2016-11-21)Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan ... -
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA (STUDI PADA KELAS X MIA DI MAN 1 JEMBER)
(2017-03-10)Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan ... -
Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang pada Siswa Kelas V di SDN Jember Lor 03 Jember
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2023-09-05)Matematika merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan penelahaan bentuk-bentuk atau struktur yang abstrak dan hubungan diantara hal-hal itu untuk memahaminya diperlukan pemahaman tentang suatu konsep yang ada di ... -
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR, KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI S
(2016-08-19)Pembelajaran fisika di sekolah pada kenyataannya masih mengalami permasalahan. Menurut Trianto (2009: 5), masalah utama dalam pembelajaran pada pendidikan formal dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta ... -
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TPS ( MAPPING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 TANGGUL
(2013-12-05)Fisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman daripada penghafalan, tetapi diletakkan pada pengertian dan pemahaman konsep yang dititik beratkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui penemuan, penyajian ... -
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN METODE EKSPERIMEN DISERTAI TEKNIK CONCEPT MAPPING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 TANGGUL
(2014-02-13)Cooperatif type Think Pair Share is ine of simply cooperative learning model that gives chance to the students to do individually and cooperatively. Whereas experimental method is a theaching strategy that allows the ... -
Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan Lembar Kerja Tim Elektronik Berbasis Multirepresentasi dalam Pembelajaran IPA terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-11-25)This research was conducted with the aims to: (1) examine the effect of learning cycle 5E model assisted by multirepresentation-based electronic team worksheets in science learning on higher order thinking skills of junior ... -
Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan LKPD Berbasis Three-Dimensional Thinking Graph terhadap Scientific Reasoning Pada Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-22)Pendidikan merupakan suatu cara memajukan perkembangan zaman dengan cara mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan cara melacak sumber informasi terhadap alam yang ada ... -
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP MISKONSEPSI FISIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK FARMASI JEMBER
(UNEJ, 2014)This study aims to determine the effect of Learning Cycle 5E model with experiment method on decreasing of physics misconception for vocational school students . The populatoin of this study was a class XI ... -
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP MISKONSEPSI FISIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK FARMASI JEMBER
(2014-04-23)Data miskonsepsi fisika siswa diperoleh dari skor rata-rata post-test miskonsepsi. Dalam soal miskonsepsi ini ada 10 soal pilihan ganda disertai dengan alasan atau keterangan. Indikator yang digunakan sesuai dengan ... -
Pengaruh Model Learning Cycle 5E pada Pembelajaran IPA terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-05)Kemampuan argumentasi ilmiah adalah salah satu komponen untuk meningkatkan kemampuani berkomunikasi dan memiliki urgensi dalam pembelajaran IPA. IPA ialah suatu rumpun ilmu dengan karakteristik khusus yang mempelajari ...