PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KESAMBIRAMPAK SITUBONDO MELALUI METODE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN KARTU BERCERITA
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Kesambirampak Kecamatan Kapongan Kabupaten
Situbondo, diikuti oleh semua siswa kelas IV SDN 2 Kesambirampak, yang terdiri dari 12
siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Variable
penelitian ini ada dua yaitu metode concept sentence berbantuan kartu bercerita dan
keterampilan menulis karangan narasi siswa. Data didapat dari siswa dan guru kelas IV SDN
2 Kesambirampak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan
wawancara. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Tahap pelaksanaan dibagi menjadi 2
siklus yaitu siklus I dan siklus II, dengan langkah perencanaan, observasi, wawancara dan
refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
proses peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 2
Kesambirampak melalui metode concept sentence berbantuan kartu bercerita berjalan dengan
baik. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada prasiklus siswa yang
mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa (34%), di siklus I meningkat menjadi 7 siswa (59,3%),
di siklus II mencapai 9 siswa (91,7%).