ANALISIS TINGKAT KESULITAN (BUTIR SOAL TES) AKHIR CAWU I SMUN KELAS I BIDANG STUDI FISIKA TAHUN AJARAN 2000/2001 SEKOTATIF JEMBER ( Studi Siswa kelas I cawu I SMUN Sekotatif Jember Tahun Pelajaran 2000/2001 )
Abstract
Setiap akhir suatu kegiatan belajar mengajar diadakan evaluasi untuk mengetahui
keberhasilan proses belajar mengajar. Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan
dalam menentukan naik atau tidak naik, Menyusun peringkat (rangking) atau
berbagai ukuran mutu sekolah adalah hasil evaluasi Sumatif, yang sering kita sebut
ujian akhir cawu. Karena ujian cawu ini akan pertimbangan untuk menentukan naik
tidaknya seorang siswa ke jenjang yang lebih tinggi, maka alat evaluasinya harus
memenuhi kriteria tingkat kesulitan butir soal tes yang baik. Adapun permasalahan
dalam penelitian ini adalah Seberapa besar tingkat kesulitan butir soal tes akhir cawu
1 siswa kelas 1 bidang studi fisika tahun ajaran 2000/2001 di SMUN Sekotatif
Jember. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesulitan
butir soal tes aklrir cawu I siswa kelas 1 bidang studi fisika di SMUN Sekotatif
Jember. Manfaat penelitian bagi siswa, bagi guru bidang studi sebagai masukan
bahwa alat evaluasi yang sudah dibuat benar - benar memenuhi kualifikasi kualifikasi
tingkat kesulitan yang baik. Penentuan responden penelitian dengan Purposive
sample. Pengumpulan data menggunakan Metode Dokumentasi, Observasi, dan
Interview. alat evaluasi yang dianalisis adalah alat evaluasi akhir cawu 1 SMUN
kelas 1 bidang studi fisika tahun ajaran 2000/2001 Sekotat Jember.
Penganalisisan datanya adalah menggunakan rumus :
IK = Besar skor benar yang diperoleh
N x Skor maksimal
Dari hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kesulitan butir soal
tes untuk kelompok atas, butir soal mudah 36%, sedang 36%, sukar 12%, dan mudah
sekali 16%.Tingkat kesulitan butir soal tes untuk kelompok bawah, butir soal mudah
sekali 4%, sedang 4%, sukar 40%, dan sukar sekali 52%. Secara umum semua butir
soal cawu 1 SMUN kelas 1 bidang studi fisika tahun ajaran 2000/2001 tidak
memenuhi kriteria tingkat kesulitan yang baik. Disarankan bagi guru bidang studi
fisika SMUN SekotatifJember selaku pembuat soal hendaknya dalam membuat butir
soal perlu membuat soal standart yang sudah memenuhi kriteria tingkat kesulitan
yang baik dengan kata lain pembuatan soal dilaksanakan secara bersamaan.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]