ENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 TANGGUL JEMBER TAHUN 2008/2009
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Variabel Fasilitas Belajar
di Sekolah dan Proses Belajar Mengajar Sacara Simultan dan Secara Parsial Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Anak di SMK Negeri 1 Tanggul. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan penentuan daerah penelitian secara
purposive area sedangkan metode penentuan sampelnya dengan proporsional random
sampling sejumlah 55 siswa atau responden. Untuk memperoleh data dalam
penelitian ini digunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, varian
garis regresi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fasilitas Belajar di
Sekolah dan Proses Belajar Mengajar mempunyai pengaruh secara simultan terhadap
Prestasi Belajar Siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan F
(221,166)>F
(3,175) dengan tingkat α = 0,05> Sig F = 0,000 yang berarti bahwa
variabel Fasilitas Belajar di Sekolah dan Proses Belajar Mengajar secara simultan
mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa sebesar 80,1%. Hasil uji t dari masing-masing
variabel bebas terhadap variabel terikat adalah Fasilitas Belajar di Sekolah (X
tabel
) =
t
= 2,007 dengan α = 0,05>Sig. = 0,000, Proses Belajar Mengajar
(X
hitung
2
= 7,298>t
) = t
hitung
tabel
= 2,007 dengan α = 0,05>Sig. = 0,000, Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (Fasilitas Belajar di Sekolah dan
Proses Belajar Mengajar) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel
terikat (Prestasi Belajar Siswa). Variabel Fasilitas Belajar di Sekolah (X
= 5,887>t
tabel
) mempunyai
pengaruh dominan terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Tanggul tahun
ajaran 2008/2009.