MENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS III SDN BESUK 01 KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG
Abstract
Kata Kunci: Hasil belajar, menurut Bruner.
Proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu aturan ( termasuk konsep,
teori, definisi,dan sebagainya ) melalui contoh-contoh yang menggambarkan
(mewakili ) aturan yang menjadi sumbernya. Dalam kenyataannya yangsering kita
lihat dan kita dengar bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di SD tujuannya
hanya yang ada dalam kurikulum, guru cenderung hanya berpatokan pada
kurikulum saja. Sehingga guru mengajar tidak kreatif, yang mengakibatkan murid
menjadi bosan bahkan jenuh.Akibat pembelajaran yang tidak bervariasi siswa
bosan dan jenuh hasil belajar siswa menjadi rendah.
Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan
untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai bahasa Indonesia, mengetahui
aktivitas siswa dan guru dalam menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia
dengan menggunakan alat peraga yang ada. Untuk mengetahui ketuntasan belajar
siswa setelah mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui
kekurangan guru dalam memberikan materi atau dalam menyampaikan materi.
Untuk memberikan kebebasan pada siswa dalam menemukan imajinasi yang ada
dalam pikiran siswa sendiri, jadi tidak terpancang pada buku saja
Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di SDN Besuk 01 kelas III yang
berjumlah 21 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki, 7siswa perempuan. Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2
siklus.Metode pengumpulan data melalui observasi,tes. Pengambilan data mulai
dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan April2010 dengan subyek
penelitian siswa kelas III SDN Besuk 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten
Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru dan tes
untuk mencari gambar seri sendiri.Berdasarkan data yang telah diperoleh dari
hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran
menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan menggunakan
metode ceramah serta bimbingan guru adalah: pada siklus 1 prosentasi hasil
aktivitas siswa sebesar 64,7% pada siklus II sebesar 80%.Dari hasil tes akhir
yang
dilakukan siswa terdapat 4,76% siswa yang belum bisa mengurutkan gambar
serinya dengan benar., 9,52% siswa sudah dapat menulis karangan sesuai
gambar, dan 85,71% siswa yang dapat mengurutkan gambar dan menulis
karangan dengan benar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktifitas dan hasil belajar pada materi menulis karangan sederhana berdasarkan
gambar seri dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang minat
siswa untuk lebih berimajinasi dalam menulis karangan dan siswa termotivasi
untuk meningkatkan cara berfikir yang lebih luas.