PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN UNIT PEMASARAN PADA ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) BRANCH OFFICE JEMBER
Abstract
Berbicara tentang peningkatan sumber daya manusia dalam perusahaan
tentu hal ini salah satunya berkaitan dengan motivasi perusahaan, dimana
perusahaan mempunyai komponen-komponen yaitu pimpinan dan karyawan.
Permasalahannya bagaimana seorang pimpinan perusahaan khususnya PT. Pos
Indonesia (Persero) dapat memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya,
maka untuk itu PT. Pos Indonesia (Persero) kantor pos Banyuwangi perlu
melakukan kiat-kiat khusus sehingga karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) terus
termotivasi untuk selalu bekerja keras dan memberikan kemampuan terbaiknya
dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Kiat PT. Pos Indonesia (Persero) dalam
memotivasi karyawan agar mau bekerja keras dan memberikan semua
kemampuan yang dimiliki salah satunya dengan memberian imbalan jasa baik
berupa imbalan finansial maupun non finansial. Tujuan penelitian ini adalah ingin
mendeskripsikan pelaksanaan pemberian imbalan jasa dalam memotivasi kerja
karyawan pada Perseroan Terbatas (PT) Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos
Banyuwangi.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, penelitian deskriptif
ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan memahami interaksi dan
proses yang sesuai dengan keterkaitan terhadap masalah yang diteliti.
Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan melalui studi
kepustakaan. Data dianalisis menggunakan analisis Domain dan analisis
Taksonomi. Hasil yang didapat dari pembahasan metode yang digunakan ialah
bahwa Jenis Pemberian Imbalan Jasa pada PT. Pos Indonesia (Persero) kantor pos
Banyuwangi yang digunakan dalam memotivasi kerja karyawan yaitu Imbalan
Finansial dan non Finansial, yang merupakan Imbalan Finansial antara lain : Gaji,
Tunjangan Konjungtur dan Upah Lembur. Selain itu terdapat juga Imbalan non
Finansial, Imbalan non Finansial pada PT. Pos Indonesia (Persero) kantor pos
vi
Banyuwangi antara lain Pemberian cuti tambahan, Kesempatan mengikuti
pendidikan formal dan pelatihan atas biaya perusahaan dan Bantuan pendidikan
kepada keluarga.
Prinsip-prinsip yang digunakan dalam pemberian imbalan jasa ada empat
aspek, yaitu : prinsip keadilan, prinsip kewajaran, prinsip komparasi, prinsip
kemampuan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa pelaksanaan pemberian imbalan jasa dalam memotivasi kerja
karyawan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Banyuwangi adalah
mampu menarik karyawan yang berkualitas baik dan memotivasi karyawan yang
potensial untuk berprestasi tinggi, dan dapat menciptakan situasi dunia kerja yang
kompetitif.