Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 3161-3180 of 14252
-
IMPLEMENTASI METODE DISCONTINUOUS GALERKIN PADA PERSAMAAN EULER-BERNOULLI BEAM
(2015-12-02)Persamaan Euler-Bernoulli Beam merupakan salah satu persamaan klasik dalam dunia engineering. Pada dasarnya, persamaan Euler-Bernoulli Beam mendeskripsikan defleksi atau pelengkungan dari beam yang mengalami getaran bebas ... -
IMPLEMENTASI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBENTUKAN KONSEP FISIKA SISWA SMP
(2014-01-23)Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji perbedaan pembentukan konsep fisika siswa antara yang menggunakan metode Example Non Example dan tidak menggunakan metode ... -
IMPLEMENTASI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBENTUKAN KONSEP FISIKA SISWA SMP
(2013-12-20)Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji perbedaan pembentukan konsep fisika siswa antara yang menggunakan metode Example Non Example dan tidak menggunakan metode ... -
IMPLEMENTASI METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA RAMBIPUJI JEMBER KELAS X 5 2012/2013
(2013-12-05)Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran sejarah yaitu metode inquiri. Metode inquiri merupakan metode pembelajaran ... -
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (LOVAAS) PADA ANAK AUTIS DI SENTRA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) CAHAYA NURANI JEMBER
(2013-12-03)Pendidikan merupkan pilar penegak Negara sehingga pendidikan menjadi kebutuhan dasar manusia dan hak bagi setiap warga Negara tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Pembelajaran anak berkebutuhan khusus sangat ... -
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS.1 Semester Genap SMA Pahlawan Jember Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan APBN dan APBD Tahun Ajaran 2010/2011)
(2013-12-06)Pembelajaran kooperatif telah dikembangkan secara intensif melalui berbagai penelitian, tujuannya untuk meningkatkan kerjasama akademik antar siswa, membentuk hubungan positif, mengembangkan rasa percaya diri, serta ... -
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IVB SEMESTER 2 SDN SUMBERJATI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2013-12-10)Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif ... -
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IVB SEMESTER 2 SDN SUMBERJATI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2014-01-24)Observasi awal menunjukkan adanya permasalahan dalam IPS yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB dikarenakan pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa hanya mendengarkan, mencatat dan ... -
Implementasi Metode Pembelajaran Sentra dan Waktu Lingkaran Pada Pembelajaran Kelompok B di PAUD Terpadu Widya Mandala Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018
(2018-08-08)Metode pembelajaran Sentra dan Waktu Lingkaran merupakan metode untuk melatih perkembangan anak melalui kegiatan bermain. Pada dasarnya metode pembelajaran sentra dan waktu lingkaran memberikan rangsangan untuk memunculkan ... -
IMPLEMENTASI METODE PRAKTEK DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENJAHIT PESERTA PELATIHAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN PRIMA KABUPATEN JEMBER
(2017-01-20)Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan metode pendekatan kualitatif. Pemilihan tempat menggunakan metode purposive area yakni dilakukan di Lembaga Kursus dan Pelatihan menjahit PRIMA Kabupaten ... -
IMPLEMENTASI METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X3 SMAN 1 BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014
(2014-10-31)Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas peserta didik dan hasil belajar sejarah. Dari 5 Indikator kreativitas peserta didik yang diukur pada saat proses pembelajaran berlangsung, dapat disimpulkan ... -
IMPLEMENTASI METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
(2014-01-17)Metode pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Lumajang masih menggunakan metode konvensional, yaitu berupa metode ceramah. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 pada mata pelajaran ... -
IMPLEMENTASI METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Pokok Bahasan Mengklasifikasi Tenaga Kerja Siswa Kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 3 Lumajang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)
(2013-10-29)Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode ... -
IMPLEMENTASI METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Pokok Bahasan Mengklasifikasi Tenaga Kerja Siswa Kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 3 Lumajang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)
(2013-12-19)Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode ... -
IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SDN AJUNG 03 TAHUN AJARAN 2012/2013
(2013-12-10)Menurunnya aktivitas dan hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali ... -
Implementasi Metode Sorogan untuk Keaksaraan Awal Anak Kelompok A di RA Darul Muqomah Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2021/2022
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-10-10)Keaksaraan awal atau pra-keaksaraan merupakan kemampuan anak dalam menggunakan aksara atau membaca dan menulis yang dikuasai sebelum anak belajar cara membaca dan menulis, sehingga implementasi metode sorogan merupakan ... -
Implementasi Metode Tabulasi Pada Rangkaian Listrik 2 Loop Guna Meningkatkan Hasil Tes dan Respon Siswa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-02-15)Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Probolinggo, Kota Probolinggo pada tahun ajaran 2023/2024 yang menggunakan dua ... -
Implementasi Model Children Learning In Science (CLIS) dalam Pembelajaran IPA-Fisika SMP Negeri 1 Glenmore (Studi Pada Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains)
(2013-12-24)Pembelajaran IPA-fisika pada hakikatnya terdiri dari tiga aspek penting yaitu proses, produk, dan sikap. Fisika adalah bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan gejalanya, dari yang bersifat terlihat secara nyata ... -
IMPLEMENTASI MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA SMP NEGERI 1 GLENMORE (Studi Pada Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains)
(2013-12-27)Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajarIPA-fisika siswa SMP; (2) mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran ... -
IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PEGUKURAN WAKTU, JARAK DAN KECEPATAN PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SDN BARATAN 01 PATRANG JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010
(2014-01-26)Pembelajaran matematika di SD pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu suatu model pembelajaran yang menitikberatkan pada guru sebagai subyek yang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa ...