Hubungan Kualifikasi Akademik Guru Dengan Manajemen Kesiswaan DI TK Tadika Puri Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Manajemen kesiswaan di sekolah diperlukan sebagai penataan dan
pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik mulai masuk
sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari sekolah. Kualifikasi
akademik guru meliputi ijazah formal pendidikan terakhir, relevansi pendidikan,
dan sertifikat guru. Manajemen kesiswaan di Taman Kanak-kanak meliputi
perencanaan penerimaan siswa baru, pengelompokan siswa, pencatatan kehadiran
siswa, pengaturan perpindahan siswa, dan program layanan khusus untuk siswa.
Maka sangat penting bagi guru untuk meningkatkan kualifikasi akademisnya.
Karena semakin tinggi kualifikasi akademik guru, menjadikan guru semakin
memiliki keterlibatan dalam manajemen kesiswaan di sekolah. Oleh karena itu,
perlu dilakukan penelitian tentang adanya Hubungan Kualifikasi Akademik Guru
dengan Manajemen Kesiswaan di TK Tadika Puri Kaliwates Jember Tahun
Ajaran 2019/2020.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan kualifikasi
akademik guru dengan manajemen kesiswaan di TK Tadika Puri Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020?. Tujuan Penelitian ini
adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kualifikasi akademik guru
dengan manajemen kesiswaan di TK Tadika Puri Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilakukan pada guru di TK Tadika Puri Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember. Responden penelitian ini adalah semua guru
sebanyak 13 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan
menggunakan rumus tata jenjang (spearman’s rho). Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan
rumus korelasi tata jenjang dengan perhitungan manual diperoleh nilai rhitung
sebesar 0,808 sedangkan rtabel sebesar 0,591 dengan taraf signifikan 5% maka
rhitung lebih besar dari rtabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya,
apabila dikonsultasikan pada tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi rhitung
yang berada pada rentang 0,800 sampai 1,000 maka hubungan yang terjadi
termasuk ke dalam kriteria hubungan yang kuat. Selanjutnya, berdasarkan
penerimaan dan penolakan hipotesis jika dihubungkan dengan besaran rhitung yang
diperoleh maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah “ada
hubungan yang positif dan signifikansi antara kualifikasi akademik guru dengan
manajemen kesiswaan di TK Tadika Puri Kecamatan Kaliwates Kabupaten
Jember”. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualifikasi akademik guru
memberikan kontribusi sebesar 65,24% dalam meningkatkan manajemen
kesiswaan.
Saran yang dapat disampaikan yaitu kepada pendidik hendaknya lebih
meningkatkan kualifikasi akademik nya, agar lebih banyak terlibat dalam
manajemen kesiswaan. Bagi peneliti lain sebaiknya bahasa dalam pernyataan pernyataan yang ada di dalam angket lebih di spesifikasikan pada inti yang akan
tanyakan agar informasi yang di dapat lebih valid.