Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 3181-3200 of 14251
-
IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENGENAL UNSUR BANGUN DATAR KELAS II SDN LANGKAP 01 BANGSALSARI
(2013-12-06)Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Apabila pada siklus pertama hasil belajar siswa tergolong tuntas secara keseluruhan maka siklus dihentikan, tetapi apabila belum tuntas ... -
Implementasi Model CTL disertai Flipbok Digital Tari Banjarkemuning Materi Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi untuk Mengkaji Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-22)The challenges of physics learning often complained, many formulas memorized and using textbook, so many student lack of interest to learning. The purpose of the research is to examine the profile of student’s science ... -
IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI KUALITAS DAN OUTPUT PEMBELAJARAN (EKOP) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIIIB SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
(2013-07-30)Model EKOP merupakan model evaluasi yang di gunakan untuk menilai kualitas dan output pembelajaran. Model ini menggunakan pendekatan proses dan hasil. Penilaian proses pembelajaran dalam hal ini ... -
IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI KUALITAS DAN OUTPUT PEMBELAJARAN (EKOP) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIIIB SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
(2014-01-22)Model EKOP merupakan model evaluasi yang di gunakan untuk menilai kualitas dan output pembelajaran. Model ini menggunakan pendekatan proses dan hasil. Penilaian proses pembelajaran dalam hal ini disebut dengan penilaian ... -
Implementasi Model Evaluasi Kualitas dan Output Pembelajaran (EKOP) dalam Pembelajaran IPS Kelas VIIIB SMP Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2011/2012.
(2013-12-19)Model EKOP merupakan model evaluasi yang di gunakan untuk menilai kualitas dan output pembelajaran. Model ini menggunakan pendekatan proses dan hasil. Penilaian proses pembelajaran dalam hal ini disebut dengan penilaian ... -
IMPLEMENTASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL DIPADU PENILAIAN PROYEK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI MA
(2015-04-17)Pembelajaran fisika yang sesuai dengan hakikat sains selama ini belum terlaksana sepenuhnya. Pembelajaran masih terkesan sebagai transfer ilmu dengan guru sebagai peran utama. Fisika merupakan bagian dari sains dimana ... -
IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS DI SMA (STUDI PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS, LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR)
(2018-03-22)Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Tempat penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Unggulan ... -
Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Creativity (Cc) Berbantuan Virtual Laboratory Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas X Mipa 5 SMAN Pakusari
(2018-07-31)Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang materi dan energi serta lahir dan berkembang melalui langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan serta penemuan ... -
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT AND SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji Jember)
(2013-07-18)Pendidikan adalah proses interaksi antara guru dan siswa, yang bertujuan meningkatkan perkembangan mental sehingga menjadi mandiri. Secara umum dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan satuan tindakan ... -
Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji Jember)”.
(2014-01-22)Pendidikan adalah proses interaksi antara guru dan siswa, yang bertujuan meningkatkan perkembangan mental sehingga menjadi mandiri. Secara umum dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan satuan tindakan yang memungkink ... -
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI LKS BERBASIS GUIDED NOTE TAKING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X DI SMAN KABUPATEN JEMBER
(2017-08-04)Berdasarkan hasil wawancara terbatas dengan guru mata pelajaran fisika kelas X di beberapa sekolah di Kabupaten Jember, diantaranya SMA N 2 Jember, SMA N 3 Jember, SMA N 4 Jember, dan SMA N Mumbulsari didapatkan informasi ... -
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN PEMBUATAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI PADA SISWA KELAS XI DI SMA UNGGULAN BPPT DARUS SHOLAH JEMBER)
(2016-11-15)Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral Kemmis-Mc. Taggart. Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Tahapan satu ... -
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema 2 Subtema 3 Kelas IV SDN Wonorejo 01 Kabupaten Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-11-10)The problem faced is the low engagement of students and a decrease in students' grades when working on assignments in class compared to working on assignments at home. Initial observations also indicated a low level ... -
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MASTER MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 PRAJEKAN-BONDOWOSO
(2014-01-18)Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: a. Ada perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan pada aspek kognitif, aspek afektif dan psikomotorik pada pembelajaran master menggunakan ... -
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SEQIP (SCIENCE EDUCATIOAN QUALITY IMPROVEMENT PROJECT) DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP
(2014-01-22)Pembelajaran fisika di SMP pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu suatu model pembelajaran yang menitikberatkan pada guru sebagai subyek yang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa ... -
Implementasi model pembelajaran seqip (Science education quality improvement project) terhadap hasil belajar biologi di SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2005/2006
(2016-01-11)Rendahnya mutu pendidikan menunjukkan bahwa siswa masih kurang mampu menerapkan apa yang telah dipelajari terhadap situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, maka ... -
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR DAN TERINTEGRASI BIOLOGI SISWA (POKOK BAHASAN SISTEM REGULASI) KELAS XI IPA 2 SMAN 1 JEMBER
(2014-01-22)Pembelajaran biologi merupakan bagian dari sains yang merekonstruksi pikiran manusia berdasarkan pengalaman, pemikiran, dan penyesuaian dengan lingkungan. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran biologi siswa ... -
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR DAN TERINTEGRASI BIOLOGI SISWA (POKOK BAHASAN SISTEM REGULASI) KELAS XI IPA 2 SMAN 1 JEMBER
(2014-01-22)Pembelajaran biologi merupakan bagian dari sains yang merekonstruksi pikiran manusia berdasarkan pengalaman, pemikiran, dan penyesuaian dengan lingkungan. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran biologi siswa ... -
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII F MTs Negeri 1 JEMBER
(2018-04-20)Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik yang menggunakan media dan metode tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Keberhasilan proses dan hasil pembelajaran di kelas ... -
Implementasi Model PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA pada Pokok Bahasan Energi Alternatif
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-16)The 21st century skills that are the main focus of education today are science literacy skills. Students' science literacy skills in Indonesia are still relatively low and are one of the problems of education in Indonesia. ...