Browsing UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana) by Title
Now showing items 33330-33349 of 61709
-
Penerapan Pembelajaran Aktif dengan Strategi Listening Team untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2010-06-24)Fisika merupakan bagian dari IPA yaitu ilmu yang mempelajari gejala dan peristiwa atau fenomena alam serta berusaha untuk mengungkapkan segala rahasia dan hukum semesta. sesuai dengan sifat fisika yang empiris diperlukan ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING STARTS WITH A QUESTION DISERTAI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP NEGERI 12 JEMBER
(2013-12-04)Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa khususnya pada bidang studi fisika. Berdasarkan data observasi awal di kelas VIII-C SMP Negeri 12 Jember Tahun Ajaran ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING STARTS WITH A QUESTION DISERTAI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP NEGERI 12 JEMBER
(2014-01-22)Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa khususnya pada bidang studi fisika. Berdasarkan data observasi awal di kelas VIII-C SMP Negeri 12 Jember Tahun Ajaran ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMAN 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014
(2014-11-03)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 5 Jember sejumlah 35 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII C SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2008/2009
(2013-12-24)Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, kreatif dalam suasana menyenangkan sehingga diperoleh hasil pembelajaran ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN KELILING, LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP PGRI 02 BINANGUN BLITAR TAHUN AJARAN 2008/2009
(2014-01-27)Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini semakin pesat seiring dengan era globalisasi, yang berdampak pada cepatnya arus informasi dan menipisnya batas antar negara. Keadaan ini menuntut masyarakat ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN KELILING, LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP PGRI 02 BINANGUN BLITAR TAHUN AJARAN 2008/2009
(2013-12-24)Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini semakin pesat seiring dengan era globalisasi, yang berdampak pada cepatnya arus informasi dan menipisnya batas antar negara. Keadaan ini menuntut masyarakat ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN KELILING, LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP PGRI 02 BINANGUN BLITAR TAHUN AJARAN 2008/2009
(2013-12-24)Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini semakin pesat seiring dengan era globalisasi, yang berdampak pada cepatnya arus informasi dan menipisnya batas antar negara. Keadaan ini menuntut masyarakat ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII DI SMP ISLAM AL-MU’IEN TAHUN AJARAN 2013/2014
(2016-01-22)Penerapan Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi Kelas VIII di SMP Islam Al-Mu’ien Tahun Ajaran 2013/2014; Hasim ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN BANTUAN LKS ADAPTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK
(2013-12-20)Pembelajaran fisika merupakan proses belajar mengajar tentang kejadian alam. Salah satu penyebab sulitnya pembelajaran fisika antara lain fisika merupakan ilmu yang berhakikat pada proses dan produk. Hal tersebut ... -
Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Kelas VIIIE SMP Negeri 1 Balung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012
(2014-01-24)Dalam proses belajar mengajar guru dan siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran. Terutama siswa yang belajar harus lebih aktif menggali informasi sendiri dan tidak hanya menunggu apa yang diberikan guru. Berdasarkan ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TEMA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV B SDN PATRANG 01 JEMBER
(2018-06-06)Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran yang disajikan kepada siswa dengan situasi permasalahan yang identik dan bermakna dapat memberikan kemudahan dalam melakukan penyelidikan. Tanpa adanya permasalahan yang ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS V SDN MUMBULSARI 01 JEMBER
(2014-01-21)Pembelajaran matematika di SD pada umumnya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan alat peraga/media jarang sekali digunakan, sehingga pemahaman terhadap konsep matematika sulit dipahami. Berdasarkan ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS V SDN MUMBULSARI 01 JEMBER
(2014-01-21)Pembelajaran matematika di SD pada umumnya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan alat peraga/media jarang sekali digunakan, sehingga pemahaman terhadap konsep matematika sulit dipahami. Berdasarkan ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS V SDN MUMBULSARI 01 JEMBER
(2013-12-05)Hasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berbasis masalah dengan media kokami pada siklus I, yaitu kriteria mendengarkan dan mencatat kartu pesan 60,26%, memecahkan masalah 60,71%, diskusi dan interaksi ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS I SEMESTER GENAP SMP NEGERI 12 JEMBER TAHUN AJARAN 2004/2005
(2014-01-27)Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep-konsep dari materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS I SEMESTER GENAP SMP NEGERI 12 JEMBER TAHUN AJARAN 2004/2005
(2014-01-20)Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep-konsep dari materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM DENGAN METODE PERCOBAAN DAN KUIS CERDAS CERMAT PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA NEGERI 1 BALUNG KELAS XI POKOK BAHASAN: FLUIDA STATIS
(2013-12-20)Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran yang lebih berpusat pada guru dari pada berpusat kepada kemampuan siswa, artinya guru masih mendominasi kelas, guru aktif menjelaskan, ... -
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 PUGER POKOK BAHASAN FUNGSI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2009/2010
(2014-01-25)Pada mata pelajaran matematika siswa dituntut untuk dapat memahami konsep dari materi yang dipelajarinya, serta memberikan perhatian lebih dan berkonsentrasi pada saat pelajaran berlangsung. Kurangnya perhatian siswa ...