• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS V SDN MUMBULSARI 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (30)xx.pdf (5.651Mb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Anggita Rasulyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika di SD pada umumnya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan alat peraga/media jarang sekali digunakan, sehingga pemahaman terhadap konsep matematika sulit dipahami. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Mumbulsari 01 Jember, terdapat permasalahan yang dihadapi oleh siswa yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada operasi hitung bilangan pecahan, terutama yang diberikan dalam bentuk soal cerita. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika, khususnya pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan adalah melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan media kotak kartu misteri (kokami). Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata untuk mengajak siswa berpikir kritis, mempunyai keterampilan memecahkan masalah dunia nyata yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan dan berperan serta dengan anggota kelompok lainnya dalam mendiskusikan masalah. Kokami adalah salah satu jenis media yang dikombinasikan dengan permainan bahasa untuk menanamkan pengetahuan kepada siswa dengan menarik dan berbekas juga berfungsi untuk merangsang minat dan perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berbasis masalah dengan media kokami.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19814
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository