• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING STARTS WITH A QUESTION DISERTAI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP NEGERI 12 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Winy Fitria A._1.pdf (750.5Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Winy Fitria A.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa khususnya pada bidang studi fisika. Berdasarkan data observasi awal di kelas VIII-C SMP Negeri 12 Jember Tahun Ajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa ketuntasan belajar fisika siswa masih rendah dan kurang dari Standar Ketuntasan Minimal Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-C di SMP Negeri 12 Jember pada tahun ajaran 2011/2012. Pemilihan kelas pada penelitian ini didasarkan pada pertimbangan bahwa rendahnya aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan pada setiap indikator aktivitas yang diamati dari pra siklus, siklus I sampai siklus II. Hal ini dapat terlihat dari siswa yang melakukan indikator aktivitas bertambah jumlahnya dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus II. Aktivitas memperhatikan penjelasan guru meningkat dari pra siklus 20 siswa menjadi 30 siswa pada siklus I, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 36 siswa. Aktivitas bertanya meningkat dari 4 siswa pada pra siklus tetap menjadi 4 siswa pada siklus I dan menigkat menjadi 5 siswa pada siklus II. Aktivitas melaksanakan demonstrasi tidak ada pada pra siklus menjadi 41 siswa pada siklus I dan menurun sedikit menjadi 40 siswa pada siklus II. Aktivitas diskusi dengan kelompok yang tidak ada pada prasiklus menjadi 35 siswa pada siklus I dan 38 siswa pada siklus II. Aktivitas mengerjakan soal meningkat dari 0 siswa pada pra siklus menjadi 42 siswa pada siklus I dan 42 siswa pada siklus II. Aktivitas yang terakhir yaitu menarik kesimpulan siklus I 35 siswa dan siklus II meningkat menjadi 39 siswa. Penerapan Pembelajaran Aktif Learning Starts With A Question Disertai Metode Demonstrasi pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 12 Jember. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa terjadi pada tiap siklusnya. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus I, sebesar 35.72% yaitu dari 30.95% menjadi 66.67%. Ketuntasan hasil belajar meningkat dari pra-siklus ke siklus II dengan peningkatan sebesar 50% yaitu dari 30.95% menjadi 80.95%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3729
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3447]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository