• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN KETING 01 JOMBANG-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Linda Purnamasari Rukmana_001.pdf (273.0Kb)
    Date
    2013-09-18
    Author
    Linda Purnamasari Rukmana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; pembelajaran IPS disajikan dalam pembelajaran yang konvensional sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran. Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) merupakan kombinasi antara belajar kooperatif dengan belajar individu, kemudian siswa saling membantu dan mengecek. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Keting 01 Jombang-Jember dalam pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Tahun Peljaran 2011/ 2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Keting 01 kecamatan Jombang kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Keting 01 Jombang dimulai pada tanggal 17 Oktober 2011 sampai tanggal 21 Januari 2012, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I memperhatikan Pelajaran 48,08%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 48,08%, diskusi 48,08%, presentasi 42,31%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 53,85%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 65,38%, diskusi 69,23%, dan presentasi 59,62%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 53,85% dan siklus II secara klasikal sebesar 92,31%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 46,63% termasuk dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 62,02% sehingga meningkat sebesar 15,39% sehingga aktivitas siswa pada siklus II termasuk dalam kategori aktif. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar sebesar 61,35 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 53,85% (tidak tuntas), sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar sebesar 71,35 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 92,31% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualizatio (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Keting 01 Jombang-Jember tahun pelajaran 2011/ 2012, maka saran yang diberikan adalah (1) bagi guru, diharapkan dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. (2) bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam menentukan model yang digunakan pada pembelajaran IPS. (3) Berdasarkan hasil temuan penelitian masih ditemukan beberapa hambatan, maka bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan bimbingan secara individu. (4) Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang tentunya berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1068
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository