Show simple item record

dc.contributor.authorLinda Purnamasari Rukmana
dc.date.accessioned2013-09-18T03:16:52Z
dc.date.available2013-09-18T03:16:52Z
dc.date.issued2013-09-18
dc.identifier.nimNIM090210204155
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1068
dc.description.abstractRendahnya hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; pembelajaran IPS disajikan dalam pembelajaran yang konvensional sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran. Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) merupakan kombinasi antara belajar kooperatif dengan belajar individu, kemudian siswa saling membantu dan mengecek. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Keting 01 Jombang-Jember dalam pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Tahun Peljaran 2011/ 2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Keting 01 kecamatan Jombang kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Keting 01 Jombang dimulai pada tanggal 17 Oktober 2011 sampai tanggal 21 Januari 2012, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I memperhatikan Pelajaran 48,08%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 48,08%, diskusi 48,08%, presentasi 42,31%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 53,85%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 65,38%, diskusi 69,23%, dan presentasi 59,62%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 53,85% dan siklus II secara klasikal sebesar 92,31%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 46,63% termasuk dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 62,02% sehingga meningkat sebesar 15,39% sehingga aktivitas siswa pada siklus II termasuk dalam kategori aktif. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar sebesar 61,35 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 53,85% (tidak tuntas), sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar sebesar 71,35 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 92,31% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualizatio (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Keting 01 Jombang-Jember tahun pelajaran 2011/ 2012, maka saran yang diberikan adalah (1) bagi guru, diharapkan dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. (2) bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam menentukan model yang digunakan pada pembelajaran IPS. (3) Berdasarkan hasil temuan penelitian masih ditemukan beberapa hambatan, maka bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan bimbingan secara individu. (4) Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang tentunya berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204155;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)en_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN KETING 01 JOMBANG-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record