Browsing by Author "Chumi Zahroul Fitriyah"
Now showing items 1-20 of 32
-
Analisis Nilai Moral dalam Cerita Rakyat Banyuwangi dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Dasar
SURYANINGRUM, Ditian Richa (2019-09-05)Pembelajaran moral pada anak dapat dilakukan melalui pembelajaran dikelas dengan menggunakan bahan ajar berupa cerita rakyat Banyuwangi. Selain dapat digunakan untuk menanamkan nilai moral pada anak, cerita rakyat Banyuwangi ... -
Penerapan Media Pembelajaran Buku Komik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPS Tema Lingkungan Pokok Bahasan Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan di SDN Tamanbaru Banyuwangi
Nina Kurnia Dewi; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanbaru Banyuwangi dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS dengan tema lingkungan pokok bahasan mengenal jenis-jenis pekerjaan di ... -
Penerapan Media Video untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Tema Permainan Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Sejarah Uang pada Siswa Kelas III SDN Jatisari 01 Tempeh Lumajang
Yusi Meilyawati; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN Jatisari ... -
Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Tema Cita-citaku Kelas IVB SDN Kepatihan 06 Jember
NOVITASARI, Desi (2019-09-05)Kreativitas guru dalam merancang pembelajaran sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar (SD), agar proses pembelajaran memberikan pemahaman yang bermakna bagi siswa. Hal tersebut ... -
Penerapan Metode Guided Note Taking untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Grenden 01 Jember
Nur Khikmalasari; Yayuk Mardiati; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember melalui penerapan metode Guided Note Taking dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik ... -
Penerapan Metode Role Playing dengan Media Gambar untuk Meningkatkan
Mujibatur Rohmah; Imam Muchtar; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode role playing dengan media gambar pada siswa kelas V SDN Ampel 04 Wuluhan – Jember. Jenis penelitian ini merupakan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan permasalahan sosial di SDN Tegal Gede 01 Jember
Siti Khotimah; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terdiri dari 5 tahap yaitu tahap 1 Orientasi siswa pada masalah, tahap 2 Mengorganisasi siswa untuk belajar , tahap 3 Membimbing penyelidikan individual mau pun kelompok, ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi di
Prilly Ariestiya Rusnawati; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kaliwining 06 Jember dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku di SDN Kebonsari 01 Jember
Serly Ayu Sayektie; Imam Muchtar; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Pembelajaran tematik integratif bertujuan untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai serta pemikiran yang kreatif. Pemilihan dan penggunaan model pembelajaran yang belum maksimal menyebabkan aktivitas dan hasil ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran Pkn Tema Harga Diri di SDN Ampel 04 Wuluhan Jember
Vivit Nurul Fadilah; Imam Muchtar; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Ampel 04 Wuluhan Jember dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Ampel ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
Siti Maimunah; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan motivasi ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA Tema Bangga Menjadi Bangsa Indonesia di SDN Kebonsari 01 Jember
Dina Sofianah; Imam Muchtar; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kebonsari 01 Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Tema Bangga Menjadi Bangsa Indonesia. ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial di SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember
Maylita Dwi Lailawati; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) melalui media gambar pada ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI MIMA HIDAYATUL MUBTADI’IN JEMBER
Dwi Nur Aini; Yayuk Mardiati; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar yang masih tergolong kurang pada kelas IV B di MIMA Hidayatul Mubtadi'in Jember pada pelajaran Pkn pokok bahasan globalisasi. Rumusan masalah dalam ... -
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan para Tokoh Daerah dalam
Qurrota A'yunin; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2012)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Rambigundam 02 Jember dengan tujuan untuk menerapkan Teams Games Tournament (TGT) agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan ... -
Penerapan Pembelajaran Model Talking Stickuntuk Meningkatkan
Rikho Baskori; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember dengan tujuan untuk m enerapkan model pembelajaran Talking Stickagar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS ... -
PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI SDN JEMBER KIDUL 04 JEMBER
Rossita Dewi Permata; Rahayu; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2015)Latar belakang penelitian ini adalah motivasi yang tergolong kriteria cukup dan hasil belajar siswa yang tergolong kriteria rendah kelas IV A di SDN Jember Kidul 04 Jember pada pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. ... -
Penerapan Teknik Mind Mapping Dalam Pembelajaran PKN Pokok Bahasan Sistem pemerintahan Tingkat Pusat Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Tegal Gede 02 Jember PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN TEGALGEDE 02 JEMBER
FITRIA (2017-03-14)Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah suatu program pendidikan berdasarkan nilai-nilai pancasila sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa yang diharapkan ... -
Pengaruh Model Discovery Learning berbantuan media Adobe Flash terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Panas dan Perpindahannya di SDN Sumbersari 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
RAHMA, Novieris Ika (2019-09-16)Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 tidak hanya menekankan pada ranah kognitif, tetapi juga pada ranah afektif dan psikomotorik. Guru kelas V di SDN Sumbersari 03 Jember belum menerapkan model dan media pembelajaran ... -
Pengaruh Model Open-Ended Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Kesehatan di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016
M Azhari Ryan Kusuma, Yayuk Mardiati, Chumi Zahroul Fitriyah; M Azhari Ryan Kusuma; Yayuk Mardiati; Chumi Zahroul Fitriyah (UNEJ, 2016)Perkembangan mata pelajaran IPS di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu, mata pelajaran IPS dirancang ...