Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan para Tokoh Daerah dalam
View/ Open
Date
2012Author
Qurrota A'yunin
Rahayu
Chumi Zahroul Fitriyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Rambigundam 02 Jember dengan tujuan untuk menerapkan Teams Games Tournament (TGT) agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh daerah dalam melawan penjajah di SDN Rambigundam 02 Jember. Hal ini dikarenakan aktivtas belajar siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa sedang/cukup pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 4 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas belajar siswa siklus I 76% (kategori aktif), mengalami peningkatan 10% pada siklus II menjadi 86% (kategori sangat aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 67 (kategori sedang/cukup) dan pada siklus II sebesar 74 (kategori baik).
Collections
- SRA-Education [1352]