Penerapan Media Video untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Tema Permainan Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Sejarah Uang pada Siswa Kelas III SDN Jatisari 01 Tempeh Lumajang
View/ Open
Date
2014Author
Yusi Meilyawati
Rahayu
Chumi Zahroul Fitriyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN Jatisari 01 Tempeh Lumajang dengan menerapkan media video pada pokok bahasan sejarah uang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III yang terdiri dari 29 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 45%. Pada siklus II mencapai 59%, peningkatan sebesar 10% dari siklus I ke silkus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 48,28% dan pada siklus II mencapai 82,76%. peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 34,48%.
Collections
- SRA-Education [1352]