Browsing by Title
Now showing items 58050-58069 of 87941
-
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Kelas V SD Negeri 03 Gebang
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-06-22)Salah satu pelajaran yang diharapkan memiliki nilai yang baik adalah pelajaran matematika salah satunya pada materi operasi hitung bilangan pecahan. Salah satu cara mencapai hasil belajar yang maksimal dan memberikan ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku pada Siswa Kelas Iv di SD Negeri 1 Kebondalem Banyuwangi
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-02-16)The Make A Match type of cooperative learning model is able to make learning fun, not boring and makes students active in learning because students have to work with other students in order to find pairs of cards containing ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Disertai E-Modul Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-03-18)Pembelajaran kini merupakan pembelajaran yang diwajibkan berporos pada peserta didik. Strategi maupun metode dalam belajar wajib diterapkan di dalam instansi sekolah. Hal tersebut disebabkan dengan penggunaan model atau ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN ALAT PERAGAPETA DAN GLOBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PETA DAN KOMPONENNYA DI KELAS IV SDN SUMBERSARI 01 JEMBER
(2017-09-12)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peta dan globe ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN ALAT PERAGA PETA DAN GLOBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV POKOK BAHASAN PETA DAN KOMPONENNYA DI SDN SUMBERSARI 01 JEMBER
(2016-01-28)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang tergambar pada tempat penelitian SDN Sumbersari 01 Jember yakni pembelajaran di kelas hanya dilakukan dengan metode ceramah dan penugasan, penggunaan alat peraga yang ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Jatiroto
(2014-01-22)Kenyataan dalam pembelajaran fisika di sekolah saat ini aktivitas dan hasil belajar fisika masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan mata pelajaran eksakta lain. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII dengan ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMENTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 JATIROTO
(2013-08-21)Kenyataan dalam pembelajaran fisika di sekolah saat ini aktivitas dan hasil belajar fisika masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan mata pelajaran eksakta lain. Penelitian dilakukan pada siswa kelas ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2023-03-17)Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kahoot merupakan salah satu model yang melibatkan siswa secara aktif saat pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar antara ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Tema Cita-citaku pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Gudang Situbondo
(2019-10-09)Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan pada bab 4, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media gambar ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI SDN KEBONSARI 01 JEMBER
(2016-01-08)Kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari Kelas I sampai Kelas VI. Pembelajaran tematik lebih menekankan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Jaring-Jaring Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V di SD NU 03 Nurul Huda
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-08-25)Students are less active and focused during learning activities in class, so student learning outcomes are low. In addition, students have difficulty determining the pattern of cube and block nets, it is necessary to ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK, PAIR, SHARE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS IV SDN CANDIPURO 01 LUMAJANG
(2017-08-02)Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN Candipuro 01 Lumajang. Berdasarkan ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Sumberwringin 02 Sukowono Jember
(2018-08-20)Pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah pembelajaran tematik terpadu. Kegiatan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 tidak hanya menekankan pada ranah koginitif saja, melainkan juga melibatkan ranah afektif dan ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Melalui Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku Di SDN Klompangan 02 Ajung Jember
(2015-11-30)Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di Sdn 1 Kalibaru Pada Materi Muatan Ips
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2021-04-16)Pendidikan adalah aspek yang penting karena pendidikan mampu membawa kemajuan bagi suatu Negara. Salah satu usaha peningkatan kualitas pendidikan yaitu dengan cara menyesuaikan penggunaan model pembelajaran dengan ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Virtual Laboratory Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa MA Meteri Usaha dan Energi
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-14)Pembelajaran fisika pada kurikulum 2013 termasuk adaptasi dari kompetensi abad 21 yang menuntut peserta didik untuk terus mengembangkan keterampilan berpikirnya. Salah satu materi fisika yang perlu dipahami oleh siswa yaitu ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Stem Dengan Media Penjernih Air Terhadap Hasil Belajar Materi Manfaat Air Kelas V Di Sekolah Dasar
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER, 2020-10-21)Pembelajaran IPA di SD memberikan pengalaman yang nyata dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga siswa memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu konsep. Realitanya masih banyak siswa yang ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Materi Peristiwa Alam Di Sekolah Dasar
(2018-08-15)Pembelajaran IPA dapat diberikan melalui pengalaman nyata yang dekat dengan kehidupan siswa, sehingga siswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu konsep. Pada kenyataannya, masih banyak siswa yang menganggap ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE MELALUI MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI PADA SISWA KELAS V SD
(2018-07-04)Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD perlu diberikan dengan mengkreasikan model pembelajaran yang tepat, supaya siswa memahami keterampilan berbahasa ... -
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Melalui Media Poster Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV Sdn Yosorati 02 Jember
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-04-24)Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar perlu diberikan dengan mengkreasikan model pembelajaran yang tepat, sehingga siswa dapat memahami keterampilan berbahasa secara optimal. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru ...