PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE MELALUI MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI PADA SISWA KELAS V SD
Abstract
Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD perlu diberikan dengan
mengkreasikan model pembelajaran yang tepat, supaya siswa memahami
keterampilan berbahasa secara optimal khususnya keterampilan menulis karangan
persuasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, siswa serta observasi yang
telah dilakukan dapat diketahui bahwa siswa masih kurang mampu dalam
mengembangkan kreativitas dan imajinasinya untuk menuangkan gagasannya ke
dalam bentuk tulisan, sehingga siswa cenderung bingung tantang apa yang hendak
ditulis dalam sebuah karangan. Selanjutnya pengetahuan tentang kosa-kata,
penulisan huruf kapital, dan tanda baca masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya
model pembelajaran yang tepat dan sesuai berdasarkan permasalahan yang ada,
misalnya model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write.