PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN ALAT PERAGA PETA DAN GLOBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV POKOK BAHASAN PETA DAN KOMPONENNYA DI SDN SUMBERSARI 01 JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang tergambar pada tempat
penelitian SDN Sumbersari 01 Jember yakni pembelajaran di kelas hanya dilakukan
dengan metode ceramah dan penugasan, penggunaan alat peraga yang tidak
dimanfaatkan secara maksimal, tidak pernah dipergunakannya model pembelajaran
yang menarik seperti NHT di tempat yang bersangkutan, siswa kurang interaktif
dalam kegiatan proses belajar mengajar, kurangnya interaksi sosial yang bersifat
positf yang terjadi antar siswa selama proses belajar mengajar. Berdasarkan
permasalahan diatas maka, dilakukan penelitian dengan rumusan masalah
bagaimanakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe terhadap hasil belajar
siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember, sehingga tujuan dari diadakannya
penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh yang terjadi setelah
dipergunakannya model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa kelas IV
SDN Sumbersari 01 Jember.
Jumlah sampel penelitian yakni kelas IVA 38 siswa dan kelas IVB 37 siswa.
Pemilihan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik cluster random
sampling (diundi secara acak). Berdasarkan hasil acak, kelas IVA dipilih sebagai
kelas kontrol dan kelas IVB dipilih sebagai kelas eksperimen. Penelitian eksperimen
dilaksanakan tanggal 26 Agustus 2015 hingga 16 September 2015.
Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian eksperimental ini yaitu uji-t
untuk subjek terpisah sebab keadaan kedua kelas yang terpisah yakni kelas A dan
kelas B. Uji -t mempergunakan beda nilai pre-test dan post-test dengan jumlah siswa
kelas IVA 38 Siswa dan kelas IVB 37 siswa. Hasil perhitungan uji-t nilai pre-test dan
post-test menggunakan SPSS 16.00 yakni diperoleh angka 2,9 dengan derajat
kebebasan (db) 73 senilai 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,9 > 2,00).
Hal tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu, ada pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat
peraga peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01
Jember
Kesimpulan dari penelitian ini ialah ada pengaruh signifikan antara penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan
alat peraga peta dan globe dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01
Jember tahun ajaran 2015/2016. Pengaruh lainnya juga dapat dilihat dari keaktifan
siswa yang tidak dianalisis dalam peneitian ini melainkan hanya digunakan sebagai
penunjang proses penelitian untuk dokumentasi ketika menjawab pertanyaan dan
pemberian tugas serta kuis dengan persentase selisih hasil belajar pre-test dan posttest
kelas eksperimen sebesar 14,95% dan persentase selisih hasil belajar pre-test dan
post-test kelas kontrol sebesar 10,88%. Sumbangan efektif dari penggunaan model
pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan
globe yakni sebesar 4,07% dengan persentase keefektifan relatif kelas eksperimen
sebesar 86,98% yang berarti tinggi.
Salah satu saran yang berkaitan dengan penerapan model ini yaitu guru
diharapkan mampu mengembangkan model dan metode-metode pembelajaran yang
lebih variatif serta menyenangkan, agar tercipta kondisi belajar yang aktif dan lebih
menyenangkan di dalam kelas, Pengadaan alat peraga selama proses pembelajaran
juga sangat dibutuhkan agar siswa dapat lebih fokus dalam mengikuti proses
pembelajaran. Hal dapat dijadikan acuan agar selanjutnya guru kelas dapat
mempergunakan model-modelpembelajaran lain yang lebih menarik dan
menyenangan agar siswa semakin aktif dan interaktif selama prose belajar mengajar
berlangsung.