• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN STRATEGI PENGELOLAAN MOTIVASIONAL DISERTAI PRESENTASI TUGAS PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI SUMBER KALONG TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    EVA_SKRIPSI_001.pdf (247.2Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Eva Kumala Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang menguraikan dan menjelaskan tentang unsur-unsur dalam bumi serta fenomenanya dan merupakan salah satu pelajaran di SMP. Pembelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan proses untuk memperoleh konsep-konsep fisika dalam menumbuhkan nilai dan sikap ilmiah siswa. Dalam pembelajaran siswa tidak hanya sekedar menghafalkan rumus, tetapi siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan dalam diri mereka sendiri dengan peran aktifnya dalam proses belajar mengajar di Sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal di Kelas VIII-A SMP Negeri Sumber Kalong, didapatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A masih rendah kurang dari Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Berdasarkan Standar Ketuntasan Minimal (SKM ) siswa di SMPN Sumber Kalong dikatakan tuntas apabila telah memperoleh nilai ≥ 65 (Keputusan Kepala Sekolah SMPN Sumber Kalong). Dari hasil analisis data observasi awal pada tanggal 20 januari 2010 terhadap kelas VIII-A hasil belajar siswa yang terdiri atas 40 siswa, diketahui sebanyak 11 siswa (27,5%) dinyatakan tuntas belajar yang mendapatkan nilai ≥ 65 dan 29 siswa (72,5%) dinyatakan tidak tuntas <65, Hal ini didasarkan pada data ulangan harian pada materi yang sebelumnya. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya presentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 70,08 % dan berada pada kategori aktif. Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya prosentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 82,83% dan berada dalam kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan sebelum adanya tindakan. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan adalah sebesar 27,5%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 65% dan pada siklus 2 sebesar 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan pembelajaran Strategi Pengelolaan Motivasional disertai presentasi tugas untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa Kelas VIII-A SMP Negeri Sumber Kalong. Strategi ini memiliki kelebihan yaitu siswa dapat aktif dan menciptakan respon yang dipecahkan oleh siswa, siswa diberi kesempatan untuk memilih tujuan yang sesuai dengan tingkat kesulitan, serta memberi pilihan dalam membentuk siswa untuk bekerjasama dalam kelompok dengan latar belakang berbeda dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII-A SMP Negeri Sumber Kalong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post- test, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan Strategi Pengelolaan motivasional disertai presentasi tugas dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa di kelas VIII-A SMP Negeri Sumber kalong dengan kategori sangat aktif; (2) Dengan menggunakan Strategi Pengelolaan motivasional disertai presentasi tugas dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa di kelas VIII-A SMP Negeri Sumber kalong sebesar 85%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9996
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository