• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Model Genius Learning dengan Teknik Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    DISKA ROSINTA D. 060210102017. PEND. FISIKA_001.pdf (1.247Mb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Diska Rosinta Devi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika tidak hanya berisi teori- teori atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep yang harus difahami secara mendalam. Dengan demikian, peserta didik dituntut untuk dapat membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam proses belajar mengajar. Namun fakta yang terjadi menunjukkan bahwa fisika masih diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Salah satu usaha untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar adalah dengan menerapkan strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Salah satunya adalah dengan menerapkan model genius learning dengan teknik peta konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji hasil belajar siswa pada penggunaan model genius learning dengan teknik peta konsep dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) mengkaji aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model genius learning dengan teknik peta konsep, dan (3) mengkaji retensi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model genius learning dengan teknik peta konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tapen. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan ketiga, serta menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai ℎ𝑛 = 3,37 dan nilai 𝑒𝑙 = 1,99 sehingga ℎ𝑛 > 𝑒𝑙 , maka hipotesis nihil (𝐻0 ) ditolak dan hipotesis kerja (𝐻 ) diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 77,4% dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data menggunakan uji untuk mengetahui retensi belajar siswa diperoleh nilai ℎ𝑛 = 1,93 dan 𝑒𝑙 = 1,99, sehingga ℎ𝑛 < 𝑒𝑙 , maka hipotesis nihil (𝐻0 ) diterima dan hipotesis kerja (𝐻 ) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model genius learning dengan teknik peta konsep dapat mempertahankan ingatan siswa atau dapat membuat kemampuan mengingat siswa terhadap materi yang dipelajari dengan lebih baik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model genius learning dengan teknik peta konsep dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapen tahun ajaran 2010/2011, (2) aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapen tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model genius learning dengan teknik peta konsep termasuk dalam kategori aktif, dan (3) Retensi hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapen tahun ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model genius learning dengan teknik peta konsep diuji dengan uji t. dari hasil perhitungan diperoleh bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai post tes dan tes tunda siswa selama 1 minggu. Dengan kata lain, penggunaan model genius learning dengan teknik peta konsep dapat mempertahankan ingatan siswa atau dapat membuat kemampuan mengingat siswa terhadap materi yang dipelajari dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9988
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository