PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN TEKNIK PICK UP CARDS GAME (PERMAINAN MEMUNGUT KARTU) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 3 TANGGUL
Abstract
Fisika  merupakan  bidang  ilmu  yang  banyak  membahas  tentang  alam  dan 
gejalanya,  dari  yang  bersifat  riil  (terlihat  secara  nyata)  hingga  yang  bersifat 
abstrak. Pada tingkat SMP, fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam 
Terpadu  (IPA  Terpadu)  yang  menerangkan  tentang  kejadian-kejadian  alam. 
Pembelajaran  fisika  di  SMP  bertujuan  untuk  mengembangkan  keterampilan 
proses  untuk  memperoleh  konsep-konsep  fisika  dalam  menumbuhkan  nilai  dan 
sikap  ilmiah  siswa.  Oleh  karena  itu  siswa  dituntut  untuk  berperan  aktif  dalam 
proses belajar mengajar di sekolah. 
Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  rendahnya  aktivitas  dan  hasil  belajar 
siswa khususnya di bidang studi fisika. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas 
VII  C  SMP  Negeri  3  Tanggul,  ditemukan  dari  36  siswa  hanya  52,7%  yang 
mendapatkan  nilai  ≥  75.  Aktivitas  belajar  siswa  juga  tergolong  rendah  yaitu  dari 
36  siswa  hanya  44,4%  siswa  yang  aktif  memperhatikan  pelajaran;  36,1%  siswa 
yang  bertanya  atau  menjawab  pertanyaan;  37,03%  siswa  yang    mencatat;  30,5% 
siswa  yang  aktif  melakukan  diskusi  dan  40,7%  siswa  yang  aktif  mengerjakan 
tugas. 
Berdasarkan  uraian  di  atas,  maka  diperlukan  perbaikan  pembelajaran 
dengan menerapkan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Teknik Pick Up 
Cards  Game.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:  (1)  Mendeskripsikan  model 
pembelajaran  Learning  Cycle  dengan  teknik  pick  up  cards  game  dalam 
meningkatkan  aktivitas  belajar  fisika  siswa  pada  kelas  VII.C  SMP  Negeri  3 
Tanggul, dan (2) Mendeskripsikan model pembelajaran Learning Cycle dengan  teknik  pick  up  cards  game  dalam  meningkatkan  ketuntasan  hasil  belajar  fisika 
siswa pada kelas VII.C SMP Negeri 3 Tanggul. 
Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas.  Penelitian  ini 
dilaksanakan  di  SMP  Negeri  3  Tanggul,  pengambilan  subyek  penelitian  adalah  
kelas  VII  C  sebanyak  36  siswa,  kelas  ini  ditentukan  berdasarkan  masalah  yang 
terjadi  di  kelas  melalui  aktivitas  dan  ketuntasan  hasil  belajar  siswa.  Rancangan 
penelitian  menggunakan  Siklus  Penelitian  Tindakan  Kelas  Model  Hopkins. 
Teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  observasi,  dokumentasi, 
wawancara,  dan  tes.  Teknik  analisis  data  menggunakan  analisis  statistik 
deskriptif.  Persentase  ketuntasan  hasil  belajar  digunakan  untuk  menunjukkan 
peningkatan ketuntasan  hasil  belajar antara pembelajaran pada siklus I dan siklus 
II. Persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa 
antara pembelajaran pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. 
Data  hasil  observasi  memperlihatkan  bahwa  ketuntasan  hasil  belajar  pra 
siklus dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I terjadi peningkatan 
ketuntasan hasil belajar fisika dari 52% menjadi 63%. Persentase ketuntasan hasil 
belajar  siswa  juga  meningkat  menjadi  80%  pada  siklus  II.  Pada  siklus  II  telah 
tercapai  kriteria  ketuntasan  hasil  belajar  yang  ditetapkan  oleh  SMP  Negeri  3 
Tanggul.  Persentase  aktivitas  belajar  siswa  juga  mengalami  peningkatan  antara 
sebelum siklus dan setelah siklus. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mencapai 
tingkat aktivitas tinggi atu aktif yaitu dengan persentase aktivitas sebesar 61%.  
Model  pembelajaran  learning  cycle  dengan  teknik  pick  up  cards  game 
merupakan  model  pembelajaran  yang  dipadukan  dengan  suatu  teknik  permainan 
pembelajaran  dengan  media  kartu.  Model  pembelajaran  tersebut  mempunyai 
beberapa  tahapan  kegiatan.  Pada  tahap  pertama,  yang  dilaksanakan  pada 
pertemuan  pertama  yaitu  engagement  (ajakan),  exsploration  (eksplorasi), 
explanation  (penjelasan),  elaboration  (pengembangan)  yaitu  penerapan  teknik 
pick up cards game dan pada pertemuan selanjutnya merupakan kegiatan evaluasi 
yaitu  mengevaluasi  kegiatan  pembelajaran  serta  pemberian  post  test.  Pada 
penerapan model learning cycle dengan teknik  pick up cards game ini diterapkan 
dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang telah didapatkan pada siklus 
kedua,  dapat  disimpulkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran  learning  cycle 
dengan  teknik  pick  up  cards  game  dapat  meningkatkan  ketuntasan  hasil  belajar 
siswa  dengan  kategori  sedang  dan  dapat  meningkatkan  aktivitas  belajar  siswa  di 
kelas  VII  C  SMP  Negeri  3  Tanggul  semester  ganjil  tahun  2010/2011  dengan 
kategori aktif.
