PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN TEKNIK PICK UP CARDS GAME (PERMAINAN MEMUNGUT KARTU) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 3 TANGGUL
Abstract
Fisika merupakan bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan
gejalanya, dari yang bersifat riil (terlihat secara nyata) hingga yang bersifat
abstrak. Pada tingkat SMP, fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam
Terpadu (IPA Terpadu) yang menerangkan tentang kejadian-kejadian alam.
Pembelajaran fisika di SMP bertujuan untuk mengembangkan keterampilan
proses untuk memperoleh konsep-konsep fisika dalam menumbuhkan nilai dan
sikap ilmiah siswa. Oleh karena itu siswa dituntut untuk berperan aktif dalam
proses belajar mengajar di sekolah.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa khususnya di bidang studi fisika. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas
VII C SMP Negeri 3 Tanggul, ditemukan dari 36 siswa hanya 52,7% yang
mendapatkan nilai ≥ 75. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dari
36 siswa hanya 44,4% siswa yang aktif memperhatikan pelajaran; 36,1% siswa
yang bertanya atau menjawab pertanyaan; 37,03% siswa yang mencatat; 30,5%
siswa yang aktif melakukan diskusi dan 40,7% siswa yang aktif mengerjakan
tugas.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran
dengan menerapkan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Teknik Pick Up
Cards Game. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan model
pembelajaran Learning Cycle dengan teknik pick up cards game dalam
meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa pada kelas VII.C SMP Negeri 3
Tanggul, dan (2) Mendeskripsikan model pembelajaran Learning Cycle dengan teknik pick up cards game dalam meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika
siswa pada kelas VII.C SMP Negeri 3 Tanggul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tanggul, pengambilan subyek penelitian adalah
kelas VII C sebanyak 36 siswa, kelas ini ditentukan berdasarkan masalah yang
terjadi di kelas melalui aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rancangan
penelitian menggunakan Siklus Penelitian Tindakan Kelas Model Hopkins.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi,
wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk menunjukkan
peningkatan ketuntasan hasil belajar antara pembelajaran pada siklus I dan siklus
II. Persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa
antara pembelajaran pada pra siklus, siklus I, dan siklus II.
Data hasil observasi memperlihatkan bahwa ketuntasan hasil belajar pra
siklus dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I terjadi peningkatan
ketuntasan hasil belajar fisika dari 52% menjadi 63%. Persentase ketuntasan hasil
belajar siswa juga meningkat menjadi 80% pada siklus II. Pada siklus II telah
tercapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh SMP Negeri 3
Tanggul. Persentase aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan antara
sebelum siklus dan setelah siklus. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mencapai
tingkat aktivitas tinggi atu aktif yaitu dengan persentase aktivitas sebesar 61%.
Model pembelajaran learning cycle dengan teknik pick up cards game
merupakan model pembelajaran yang dipadukan dengan suatu teknik permainan
pembelajaran dengan media kartu. Model pembelajaran tersebut mempunyai
beberapa tahapan kegiatan. Pada tahap pertama, yang dilaksanakan pada
pertemuan pertama yaitu engagement (ajakan), exsploration (eksplorasi),
explanation (penjelasan), elaboration (pengembangan) yaitu penerapan teknik
pick up cards game dan pada pertemuan selanjutnya merupakan kegiatan evaluasi
yaitu mengevaluasi kegiatan pembelajaran serta pemberian post test. Pada
penerapan model learning cycle dengan teknik pick up cards game ini diterapkan
dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang telah didapatkan pada siklus
kedua, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle
dengan teknik pick up cards game dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar
siswa dengan kategori sedang dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di
kelas VII C SMP Negeri 3 Tanggul semester ganjil tahun 2010/2011 dengan
kategori aktif.