• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship

    Thumbnail
    View/Open
    Anisa Kafifah-150210101063 #.pdf (6.368Mb)
    Date
    2019-05-20
    Author
    Kafifah, Anisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan Literasi Matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, menafsirkan dan memecahkan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan prinsip, konsep dan fakta yang dimiliki siswa dengan tepat. Berdasarkan survei PISA yang dilaksanakan 3 tahun sekali, rata-rata skor PISA siswa di Indonesia adalah 386 yang berarti masih berada di level 1 dari 6 level yang ada di PISA. Pada pelaksanaan PISA tahun tahun 2003, aljabar dan pengukuran secara signifikan lebih sulit dibanding dengan konten pisa lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai pelevelan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan kemampuan matematika dalam menyelesaikan soal PISA konten Change and Relationship. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan soal PISA konten Change and Relationship ditinjau dari ketercapaian level literasi matematikanya. Instrumen penelitian ini adalah soal tes kemampuan matematika, soal tes kemampuan literasi matematika PISA, pedoman wawancara serta lembar validasi. Keseluruhan instrumen ini telah divalidasi dan dinyatakan valid. Instrumen tes soal PISA mempunyai nilai validasi 2,75, tes soal kemampuan matematika 2,83 dan pedoman wawancara 2,75. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Subjek penelitian ini ad
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99847
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository