Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship
Abstract
Kemampuan Literasi Matematika adalah kemampuan individu untuk
merumuskan, menerapkan, menafsirkan dan memecahkan permasalahan
matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan prinsip, konsep dan fakta
yang dimiliki siswa dengan tepat. Berdasarkan survei PISA yang dilaksanakan 3
tahun sekali, rata-rata skor PISA siswa di Indonesia adalah 386 yang berarti masih
berada di level 1 dari 6 level yang ada di PISA. Pada pelaksanaan PISA tahun
tahun 2003, aljabar dan pengukuran secara signifikan lebih sulit dibanding dengan
konten pisa lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan
penelitian mengenai pelevelan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan
kemampuan matematika dalam menyelesaikan soal PISA konten Change and
Relationship.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan
untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan
matematika rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan soal PISA konten
Change and Relationship ditinjau dari ketercapaian level literasi matematikanya.
Instrumen penelitian ini adalah soal tes kemampuan matematika, soal tes
kemampuan literasi matematika PISA, pedoman wawancara serta lembar validasi.
Keseluruhan instrumen ini telah divalidasi dan dinyatakan valid. Instrumen tes
soal PISA mempunyai nilai validasi 2,75, tes soal kemampuan matematika 2,83
dan pedoman wawancara 2,75. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode tes dan wawancara.
Subjek penelitian ini ad